Advertisement

Google Assistant Berbahasa Indonesia, Ini Caranya

Newswire
Rabu, 04 April 2018 - 19:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Google Assistant Berbahasa Indonesia, Ini Caranya Ilustrasi Google Assistant. - ist/Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bahasa Indonesia kini diakui penggunannya dalam aplikasi milik Google, Google Assistant. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bisa berbincang-bincang dengan Google Assistant menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menggunakan fitur ini, para pengguna diwajibkan untuk memperbarui aplikasi Google mereka. Selain itu, asisten berbahasa Indonesia ini minimal butuh Android 5.0 Lollipop atau iOS 9.1 untuk perangkat Apple.

Setelah itu, buka aplikasi ini baik dengan mengklik ikon Google atau dengan menekan tombol Home selama beberapa detik.

Jika pengaturan dari aplikasi ini masih berbahasa Inggris, pengguna bisa mengubahnya dengan mudah. Caranya tinggal buka menu Setting, lalu pilih menu Bahasa Penelusuran. Setelah itu pilih Bahasa Indonesia.

“Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada Agustus 2017. Kini dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas pengguna,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami dalam keterangan yang dilansir Okezone, Selasa (3/4/2018).

Penggunaan dari aplikasi terbaru ini pun ternyata sangat beragam. Bukan sekedar hanya mencari sesuatu dengan menggunakan suara saja, namun Google Assistant dapat melakukan beberapa perintah yang cukup spesifik.

“Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktivitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” jelas Veronica.

Selain menerima perintah-perintah standar di atas, Google Assistant ternyata juga sudah terintegrasi ke beberapa aplikasi. Beberapa contohnya seperti game Tebak Gambar, membaca hot thread Kaskus, berbincang dengan Vira dari Bank BCA, hingga mendengar ayat Alquran dengan menggunakan aplikasi Al-Qolam.

Tak luput juga, para pengguna pun bisa menambahkan perintah spesifik lain yang dapat di konfigurasi secara manual.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

4 Produk Lokal DIY Mendapatkan Sertifikasi Indikasi Geografis, Ini Manfaatnya

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement