Advertisement

Data Pengguna Facebook Bocor, Bagaimana dengan WhatsApp dan Instagram?

Dhiany Nadya Utami
Kamis, 12 April 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Data Pengguna Facebook Bocor, Bagaimana dengan WhatsApp dan Instagram? Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel. - Reuters/Thomas White

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kasus bocornya data pengguna Facebook perlu menjadi perhatian bagi pengguna platform media sosial yang lain.

Pemerintah diminta untuk mempertanyakan sejauh mana keamanan dan jaminan privasi platform lain yang berada dalam naungan Facebook, misalnya WhatsApp dan Instagram. Ini menyusul kontroversi penyalangunaan data pengguna platform media sosial tersebut.

Advertisement

Chairman lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menyebut Facebook memiliki kemampuan cukup dalam untuk mengintip data penggunanya, bahkan Facebook juga dapat melihat kontak telepon dan percakapan pada FB Messenger. 

Menurutnya ada indikasi hal yang sama dapat terjadi di platform lain yang merupakan “anak-anak” Facebook. Hal ini amat beresiko mengingat produk-produk Facebook digunakan secara masif oleh masyarakat Indonesia.

“Ini kan membuat publik mempertanyakan jaminan keamanan data mereka,” katanya saat dihubungi Bisnis Indonesia melalui pesan singkat.

Dia mengatakan isu keamanan data sebetulnya telah lama dikritisi dan sekarang adalah saat yang tepat bagi pemerintah untuk bersikap tegas. Pemerintah juga dapat menggunakan momentum ini untuk mendesak Facebook membuka server di Tanah Air, karena ini sangat erat dengan keamanan data pengguna.

“Membangun server di tanah air adalah kewajiban bagi perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google, apalagi mereka memanen begitu banyak data dari masyarakat,” katanya.

Jika server ada di Indonesia, pemerintah akan lebih mudah untuk bertindak apabila sewaktu-waktu ada pelanggaran yang terjadi. Keamanan data pengguna juga setidaknya lebih aman karena terkumpul di dalam negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement