Advertisement

Bikin Terjemahan "Saya Gila", Google Diduga Sindir Kalangan Bumi Datar

Newswire
Rabu, 30 Mei 2018 - 16:50 WIB
Bhekti Suryani
Bikin Terjemahan Google Translate. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Aplikasi Google Translate baru-baru ini bikiin heboh warganet lantaran ddiduga mengejek kalangan Bumi datar.

Google Translate biasanya digunakan untuk menerjemahkan sebuah bahasa. Namun, bagaimana jadinya bila platform ini ternyata dapat menyindir sebuah kaum tertentu, yakni kaum Bumi Datar.

Advertisement

Ditemukan pertama kali di sebuah thread di forum Reddit, Google Translate terlihat seperti menyindir penganut Bumi datar.

Seperti dikutip dari Cnet, ketika seseorang menulis "I am a flat-Earther" untuk diterjemahkan ke bahasa Prancis, hasilnya akan membuat tertawa. Sebab, hasilnya dalam bahasa Prancis adalah "Je suis un fou" yang berarti "Saya gila".

Temuan tersebut sontak membuat para warganet curiga bahwa ini adalah keisengan yang dilakukan Google. Di Twitter misalnya, para warganet ramai membicarakan kejadian ini.

Namun, hal itu langsung dibantah oleh Google. Melalui sebuah pernyataan, perusahaan yang berbasis di Mountain View itu mengatakan hal tersebut adalah kesalahan sistem.

"Proses terjemahan bekerja dari jutaan pola terjemahan di seluruh dunia. Sayangnya, beberapa pola bisa saja salah. Kami sudah memperbaikinya," kata Google.

Teori Bumi datar memang kerap menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Menurut astrofisikawan Neil deGrasse Tyson, meningkatnya penganut Bumi Datar disebabkan oleh sistem pendidikan yang salah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement