Advertisement

Xbox Bakal Ramah Difabel

Jafar Sodiq Assegaf
Kamis, 31 Mei 2018 - 08:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Xbox Bakal Ramah Difabel Xbox Adaptive Controller. (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, NEW YORK—Microsoft merilis stik Xbox baru untuk memenuhi kebutuhan para difabel memainkan Xbox, yang dinamai Xbox Adaptive Controller. Melalui perangkat itu, Microsoft ingin membantu difabel lebih mudah memainkan konsol permainan berharga ribuan dolar tersebut.

“Menurut kami stik Xbox biasa sudah tergolong canggih di industri, tetapi kami berpikir lagi bahwa perangkat itu tak dapat diakses oleh pemain dengan mobilitas terbatas,” ucap Gabi Michel, senior Xbox hardware programme manager.

Advertisement

Stik ini memiliki dua tombol besar pada permukaan yang dapat dioperasikan dengan tangan, siku, atau bahkan kaki. Ia dirancang agar bisa diletakkan di pangkuan pemain, di atas meja, atau di lantai.

Fitur utamanya adalah deretan lubang koneksi yang bisa disambungkan di sepanjang bagian belakang pad dan mewakili masing-masing input serta tombol pada pengontrol. Dengan 19 lubang koneksi ini pemain dapat memasukkan berbagai perangkat tambahan seperti pedal kaki, bantalan yang sensitif akan sentuhan, dan produk aksesibilitas lain yang sudah tersedia atau telah dikembangkan secara khusus.

Dikembangkan pada 2015 silam, stik nirkabel ini didukung oleh baterai internal dengan koneksi USB-C. Microsoft bekerja sama dengan Warfighter Engaged, badan amal yang berusaha untuk merehabilitasi veteran militer yang cacat, untuk merancang pengontrol yang dapat disesuaikan dan memenuhi berbagai kebutuhan tetapi masih memiliki kualitas sama seperti pengontrol pada umumnya.

Stik ini dapat dihubungkan ke Xbox One atau komputer bersistem Windows 10 melalui bluetooth. Nantinya, para pemain game juga dapat menghubungkan perangkat pihak ketiga mereka ke 19 port input dengan ukuran 3,5 mm tersebut dengan dua port USB.

Rencananya stik Xbox ini akan dibanderol dengan harga US$100 dan akan dijual di seluruh Microsoft store. Sejauh ini belum ada tanggal pasti peluncurannya, namun kemungkinan besar Xbox akan mengumumkannya dalam ajang E3 2018 pada 13 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, Pemda DIY Klaim Harga Beras Mulai Turun di Pasaran

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement