Isi Baterai Ponsel di Tempat Umum, Waspadai Bahaya Juice Jacking

12 Juni 2018 09:05 WIB Anggara Pernando Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Perusahaan anti virus Eset memperingatkan para pemudik untuk meningkatkan keamanan perangkat ponsel karena melakukan pengisian ulang baterai di tempat umum.

Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, menyampaikan tempat umum yang terlihat aman, bisa jadi berisiko pembajakan.

Dia mengatakan saat ini berkembang sebuah teknik peretasan baru yang disebut Juice Jacking. Teknik ini mampu meretas gadget melalui USB yang biasa kita gunakan untuk mengisi ulang.

Yudhi menyampaikan dengan teknik ini tidak peduli apakah ponsel pintar yang digunakan keluaran iPhone, Android super keren atau smartphone murah biasa. Semuanya bisa diretas karena memiliki kesamaan, semua perangkat smartphone memerlukan power supply yang menggunakan kabel yang sama dengan koneksi data.

"Artinya, kabel yang digunakan untuk mengisi ulang baterai di ponsel Anda adalah kabel yang sama digunakan untuk mentransfer dan menyinkronkan data," kata Yudhi dalam keterangan tertulis pada Senin (11/6/2018).

Melalui kabel yang sama peretas dapat masuk dan mendapatkan akses ke ponsel selama proses pengisian. Peretas tinggal memanfaatkan USB kabel data atau power untuk mengakses data telepon lalu menyuntikkan kode berbahaya ke perangkat.

Untuk itu, dia mengharapkan para pemudik ataupun para pengguna peralatan umum untuk meningkatkan keamanan dengan melakukan pencegahan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain :

- Biasakan untuk mengisi baterai telepon di rumah dan kantor ketika tidak aktif menggunakannya, tindakan ini mampu meminimalisir juice jacking secara maksimal.

- Bawa baterai backup (power bank) atau baterai cadangan eksternal, cara ini dapat menghindari smartphone mengisi ulang baterai di ruang publik.

- Hindari pengisian ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik yang hanya menyediakan port USB untuk melakukan pengisian.

- Hanya mengisi ulang menggunakan charger dan kabel data milik sendiri dengan langsung terhubung ke listrik.

- Untuk memastikan smartphone hemat dalam pemakaian, pengguna dapat memanfaatkan software tambahan meskipun teknik ini tidak bisa menjamin memberikan penghematan yang signifikan. Tetapi, tidak efektif lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

- Kunci Telepon! Bila telepon terkunci, benar-benar terkunci dan tidak dapat diakses tanpa masukan dari PIN atau setara passcode untuk mengindari pairing pada ponsel Anda. Perangkat iOS hanya dapat di-pairing ketika tidak terkunci. Tapi sekali lagi, perlu diketahui bahwa pairing berlangsung dalam hitungan detik, jadi pastikan ponsel benar-benar selalu terkunci saat tidak digunakan.

- Cara lain yang paling efektif dan nyaman digunakan adalah menggunakan kabel USB dengan kabel data yang dihapus, jadi hanya berfungsi sebagai pengisi baterai saja. Kabel macam ini menghilangkan dua kabel untuk transmisi data dan hanya memiliki dua pasang kabel sebagai transmisi daya. Namun, imbasnya, kemampuan mengisi dayanya akan lebih lambat dari biasanya.

- Bila bepergian menggunakan mobil, dapat menggunakan perangkat pengisian yang dihubungkan ke lighter yang ada.

"Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pemudik dapat dengan tentram selama mengisi ulang saat di perjalanan," katanya.

Yudhi juga mengingatkan agar pemudil menghindari mengisi ulang baterai ponsel atau gadget di tempat pengisian yang tidak jelas atau ke komputer maupun laptop milik orang lain.

Sumber : Bisnis Indonesia