Koneksi Internet Putus? Berikut Cara Mengatasinya

Android - Antara
14 Juni 2018 19:00 WIB Duwi Setiya Ariyanti Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Koneksi Internet yang terputus di saat Lebaran seperti sekarang bisa menjadi hal yang menyebalkan. Layanan Internet melalui telepon seluler (ponsel) pintar padahal penting digunakan untuk berhubungan dengan keluarga. Berikut beberapa cara mengatasi masalah koneksi internet untuk pengguna ponsel Android.

Dikutip dari laman resmi Google, Kamis (14/6/2018), koneksi Internet yang buruk mengakibatkan Anda tak bisa mengakses layanan data sehingga tak bisa mengakses berbagai aplikasi. Beberapa masalah paling umum yang menjadi penanda adanya masalah koneksi Internet yakni, proses pengunduhan tak berjalan, waktu habis atau time out atau bahkan berada di angka 0%.

Selain itu, masalah koneksi Internet juga terlihat bila Anda menemukan respons memproses atau loading saat membuka Google Play. Terakhir, laman di aplikasi peramban tak bisa memproses permintaan. Jika Anda mengalami pengalaman seperti ini, pertama, Anda bisa menyalakan ulang ponsel. Cara ini juga bisa dilakukan dengan mematikan beberapa detik lalu menyalakan kembali.

Kedua, bila menyalakan ulang tak membawa perubahan, Anda bisa mengubah pengaturan jaringan dengan menggunakan Wifi atau jaringan seluler. Cobalah untuk menggunakan salah satunya untuk melihat jaringan mana yang bermasalah.

Ketiga, untuk penggunaan jaringan seluler, Anda bisa melakukan perubahan tipe jaringan seperti 3G ke 4G. Lalu, Anda bisa melihat perubahan di bagian atas layar apakah sinyal penuh.

Bila sinyal tetap tak tersedia, kemungkinan Anda berada di wilayah yang tak terjangkau jaringan seluler. Anda pun bisa berpindah ke tempat lain yang mungkin bisa lebih mudah tersentuh jaringan.

Keempat, ubah pengaturan ke mode terbang lalu kembali ke mode normal. Beri jeda 10 detik sebelum Anda mematikan mode terbang untuk melihat perubahan. Bila langkah ini masih belum membantu, Anda bisa menghubungi operator seluler terkait untuk mendapatkan solusinya.

Sumber : Bisnis Indonesia