Advertisement

Ini Caranya Pakai Aplikasi Pesan Instan Baru Milik Google

Chelin Indra Sushmita
Minggu, 24 Juni 2018 - 15:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ini Caranya Pakai Aplikasi Pesan Instan Baru Milik Google Tampilan Android Messages (Indianexpress.com)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Google tak mau ketinggalan untuk menghadirkan aplikasi pesan instan dengan meluncurkan Android Messages. Aplikasi itu sebagai pengganti layanan pesan singkat (SMS) yang bisa diakses dari komputer ke ponsel dan sebaliknya.

Dikutip  Jaringan Informasi Bisnis Indonesia dari Mirror, Minggu (24/6/2018), Android Messages versi website ini memungkinkan pengguna mengirim teks, gambar, dan stiker dengan cara kerja yang mirip dengan Whatsapp. Anda bisa mengakses fitur ini dengan mengunjungi laman messages.android.com.

Advertisement

Selanjutnya, pindai QR code yang tampil di monitor dengan aplikasi Android Messages yang telah diinstal pada ponsel pintar. Caranya sangat mirip dengan mengakses Whatsapp melalui komputer bukan?

Fitur obrolan pada aplikasi Android Messages ini memanfaatkan teknologi Rich Communication Services (RCS) yang didukung operator kartu seluler. Berbeda dengan Whatsapp yang sepenuhnya mengandalkan jaringan Internet. Pengunaan RCS dapat membuat pengiriman pesan pendek akan terasa lebih menyenangkan. Sebab, pesan yang dikirim dapat lebih panjang. Selain itu, foto juga akan terlihat lebih jernih.

Tidak seperti Whatsapp atau Facebook, layanan obrolan di Android Messages tidak memerlukan akun khusus. Nantinya, obrolan akan menjadi layanan messaging default di setiap ponsel Android. Lantas, seberapa amankah mengirim pesan menggunakan aplikasi tersebut?

Google mengatakan semua percakapan, kontak, dan pengaturan lain akan tersimpan di browser. Namun, isi percakapan sebenarnya tidak akan dienskripsi seperti Whatsapp. Enskripsi adalah proses mengamankan informasi dengan cara khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement