Advertisement

Kata Peneliti, Iphone Simbol Kekayaan

Chelin Indra Sushmita
Selasa, 10 Juli 2018 - 09:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kata Peneliti, Iphone Simbol Kekayaan Iphone (Ndtv.com)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Telepon seluler (ponsel) keluaran Apple seringkali dipasarkan dengan harga begitu mahal. Sebut saja Iphone X yang dirilis pada 2017 dengan harga selangit mengalahkan kompetitor lainnya.

Meski demikian, ponsel keluaran Apple tetap saja menjadi primadona dan laris manis di pasaran seperti Iphone 8 yang paling laku di dunia. Bukan tanpa alasan, larisnya smartphone keluaran Apple itu disebabkan oleh cara pandang yang unik.

Advertisement

Kebanyakan orang sepakat ponsel Iphone merupakan simbol kekayaan. Lihat saja, kebanyakan orang kaya biasanya memilih Iphone sebagai gadget untuk membantu pekerjaan atau hanya sekadar gaya.

Dikutip  Jaringan Informasi Bisnis Indonesia dari Mashable, Selasa (10/7/2018), hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of Chicago dan National Bureau of Economic Research, Amerika Serikatpada Juni 2018 lalu menemukan, kebanyakan pemilik Iphone adalah orang yang berpenghasilan tinggi. Penelitian itu menyebut kebanyakan orang di Amerika Serikat yang membeli produk Apple dianggap kaya. Padahal, tidak semua pengguna Iphone berasal dari golongan orang berada.

Marianne Bertrand dan Emir Kamenica yang melakukan riset tersebut mengambil sampel dari 6.394 orang Amerika Serikat. Riset ini dilakukan dengan cara memberikan kuisioner sekaligus mewawancarai informan secara langsung. Hasilnya, sekitar 69% pemilik Iphone dalam riset itu diketahui memiliki penghasilan tinggi.

"Riset yang kami lakukan sepanjang 2016 menunjukkan kebanyakan pemilik Iphone adalah orang kaya," tutur kedua peneliti tersebut.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa kepemilikan Iphone berkaitan erat dengan pandangan soal tingkat ekonomi seseorang. Namun, tipe posel Iphone tidak bisa dipakai sebagai penanda kekayaan pengguna. Lembaga riset Newzoo mencatat sebagian besar pengguna Iphone masih bertahan dengan tipe lama, seperti Iphone 6S, Iphone 7, hingga Iphone 4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement