Advertisement

Di Bawah 13 Tahun, Tak Boleh Pakai Tik Tok

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 11 Juli 2018 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Bawah 13 Tahun, Tak Boleh Pakai Tik Tok Aplikasi Tik Tok di Play Store

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tidak semua pengguna remaja bisa memakai aplikasi Tik Tok meski pemerintah sudah membuka kembali akses aplikasi itu. Jika berusia di bawah 13 tahun, maka mereka tak diperbolehkan mengakses aplikasi besutan ByteDance tersebut.

Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan Tik Tok menaikkan batas usia minimum pengguna mereka menjadi 13 tahun dari semua 12 tahun. Namun, batas ini tidak setinggi yang Tik Tok janjikan pada saat pertama kali bertemu pihak Kemenkominfo yakni 16 tahun.

Advertisement

Alasannya, batas umur tersebut menyesuaikan rata-rata batas umur yang diterapkan aplikasi lain, misalnya Facebook. “[Sudah] berbicara dengan KPAI mengenai batasan umur,” ujar pria yang akrab dipanggil Semmy ini di Kantor Kemenkominfo, Selasa (10/7/2018).

Adapun untuk menghindari kecurangan atau pemalsuan umur, menurut Semmy ada teknologi pengenalan wajah yang akan memindai wajah pengguna. Jika pengguna terdeteksi masih di bawah usia minimal maka akunnya akan ditutup.

Tik Tok juga tengah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementrian Perberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) untuk membuat sebuah program yang ditujukan bagi anak-anak Indonesia dalam rangka Hari Anak.

Semmy menuturkan sebenarnya aplikasi Tik Tok cukup menarik. Platform video pendek tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana ekspresi dan kreasi remaja Tanah Air. Bahkan, dia menyebut Tik Tok sebagai mirip ajang penyaluran bakat di televisi. Apalagi masuk televisi tidak mudah dan Tik Tok bisa menjadi alternatif.

Ini ada screen kecil yang memungkinkan mereka dilihat oleh hampir 10 juta pengguna di Indonesia. Mungkin juga bisa dilihat oleh talent scouting dan diajak masuk TV seperti siapa itu kemarin, Bowo,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement