Advertisement

Menjajal Xiaomi Redmi S2, Ponsel Khusus Selfie dengan Murah

David Eka Issetiabudi
Senin, 16 Juli 2018 - 06:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Menjajal Xiaomi Redmi S2, Ponsel Khusus Selfie dengan Murah Ponsel khusus selfi keluaran Xiaomi, Redmi S2 - mi.com

Advertisement

Harianjogja.com,  JAKARTA—Tidak hanya ingin meluncurkan seri menengah dengan kemampuan kecerdasan buatan dan cipset Snapdragon 635 seperti Redmi Note 5, Xiaomi merilis telepon seluler (ponsel) varian selfie di kelompok harga lebih rendah.

Xiaomi melabeli varian ini dengan tiga kata, yakni self-expression, social, dan self-portraits. Mereka mengklaim ponsel pintar ini khusus untuk mengekspresikan diri, dengan kamera depan yang dirancang untuk mengambil foto dan segala sesuatunya membuat pengguna berbeda dari yang lain.

Advertisement

Xiaomi Redmi S2 yang dipasarkan di harga Rp2,3 jutaan disenjatai dengan kamera depan 16 MP berfitur AI Beautify khas Xiaomi dan teknologi pixel binning. Ditambah dengan kamera depan dengan kemampuan 4.500 soft toned light, konsumen usia muda sepertinya adalah sasaran utama Xiaomi.

Bukaan f/2.0 di bagian depan menjadikan fotonya semakin memuaskan, dengan catatan, kondisi pencahayaannya yang cukup. Jika memang dalam kondisi pencahayaan rendah, Redmi S2 memiliki lampu kilat di bagian depan.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia pun menjajal kebolehan kamera depan Redmi S2. Efek kedalaman yang dapat diatur menjadi pilihan bagi pengguna untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih dramatis. Efek kedalaman ini, juga dapat digunakan saat melakukan swafoto bersama atau wefie.

Momen kebersamaan dengan rekan-rekan kerja, teman sejawat, yang diabadikan dengan kamera depan Redmi S2, bakal banyak mendulang apresiasi di media sosial. Tidak berlebihan memang, karena efek kedalaman dapat menyesuaikan wajah dan objek lain.

Namun, efek bokeh yang dihasilkan oleh Redmi S2 terlihat kurang alami. Garis batas antara fokus gambar dan latar yang baur tampak sangat jelas sehingga memberikan kesan tempelan, khususnya dalam keadaan cahaya yang kurang cerah.

Selesai dengan kamera depan, Redmi S2 dilengkapi dengan lensa ganda yang masing-masing memiliki kualitas 12 MP dan 5 MP. Varian ini juga dilengkapi mode Handheld Twilight (HHT) yang akan mengambil gambar dengan noise paling minim saat kondisi pencahayaan rendah.

Untuk kualitas gambar, kamera depan maupun belakang, mengakomodasi HDR. Sementara itu, dari sisi kualitas video yang direkam maksimum 1.080p pada 30 fps.

Sayangnya, berbeda dengan varian lainnya, Redmi S2 tidak hadir dengan dual-aperture dengan bukaan f/2.2. Alhasil, kualitas foto kurang menarik saat kondisi cahaya rendah.

Layar Lebar

Redmi S2 yang hadir dengan tiga varian warna, yakni Grey, Gold dan Rose Gold. Dari sisi tampilan, mungkin layar Redmi S2 tampak lebih luang dengan displai layar penuh 15,2 cm dengan rasio aspek 18:9.

Di sisi belakangnya, dwi-kamera yang terpasang menonjol dan penempatannya yang vertikal sekilas seperti penampakan iPhone X. Alasan posisi kamera yang menonjol, sepertinya diperlukan pelindung untuk mengantisipasi gesekan benda asing.

Soal bobot, rasa-rasanya Redmi S2 relatif terasa berat saat digenggam karena beratnya mencapai 170 gram. Memang, dengan tubuh ramping, pengalaman pertama menggenggamnya terasa nyaman. Jika dirasakan dan diperhatikan, bodi Redmi S2 tampak seperti berlapis di bagian atas dan bawah.

Seperti bantalan, bagian bawah memiliki porsi yang lebih tebal dengan sisi yang melengkung. Di bagian bawah, ada hal menarik. Pengguna akan melihat pengeras suara ganda di sisi kanan dan kiri. Akan tetapi, ternyata fungsi setiap sisinya berbeda hanya satu yang menjadi pengeras suara.

Seperti yang disebutkan di atas, Xiaomi menghadirkan produk ini dengan prosesor yang berbeda, jika dibandingkan dengan Redmi Note 5. Redmi S2 dilengkapi cipset Qualcomm Snapdragon 625, prosesor grafis Adreno 506 dan mendukung memori eksternal hingga 256 GB.

Untuk sistem operasi, Redmi S2 sudah dibekali dengan Android Oreo 8.1 dan firmware MIUI 9.5 bawaan dari Xiaomi. Sayangnya, kapasitas baterai Redmi S2 tidak seperti ponsel pintar Xiaomi lainnya, produk ini berkapasitas 3.080 mAh dengan isi daya 5V/2A.

Jika soal daya tahan untuk digunakan sebagai ponsel gim, sepertinya Redmi S2 cukup dapat digunakan untuk beberapa permainan standar seperti SimCity. Dengan layar yang terkesan panjang, pengguna Redmi S2 memiliki pengalaman menarik tersendiri dalam bermain gim.

Secara keseluruhan, Redmi S2 memiliki tampilan yang menarik dan modern. Sudah tepat produk ini dimiliki jika Anda memiliki kegemaran swafoto sana-sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement