Advertisement

Baterai Ponsel Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Chelin Indra Sushmita
Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Baterai Ponsel Cepat Habis? Ini Penyebabnya Ilustrasi mengisi daya baterai ponsel (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Baterai jadi komponen penting perangkat genggam, khususnya telepon seluler (ponsel) pintar. Penggunaan ponsel yang berlebihan alhasil bisa menyebabkan daya baterai cepat terkuras. Kini, secanggih apapun ponselnya, tetap saja banyak pengguna ponsel pintar mengeluhkan baterai cepat habis.

Lalu, apa yang menjadi penyebab daya baterai ponsel cepat habis? Simak ulasan yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia dari Tech Advisor, Rabu (16/7/2018), di bawah ini:

Advertisement

Charger rusak

Mengisi daya betarai dengan charger yang rusak jelas tidak boleh dilakukan. Cara ini akan membuat baterai cepat rusak. Charger yang rusak dapat memengaruhi kualitas baterai ponsel. Selain itu, hindari mengisi daya baterai ponsel dengan charger keluaran merek lain. Cara ini sangat sering dilakukan, padahal memengaruhi kondisi ponsel.

Layar ponsel terlalu cerah

Kecerahan layar ponsel juga perlu diperhatikan. Layar ponsel yang disetel terlalu cerah bakal menguras daya baterai lebih cepat. Namun, jangan sampai layar ponsel terlalu redup karena akan merusak penglihatan.

Terlalu banyak widget

Widget yang dipasang di layar utama sebenarnya memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Namun, jika jumlahnya terlalu banyak justru bakal menguras baterai ponsel. Sebainya kurangi atau hapus semua widget untuk menghemat baterai.

Waktu siaga layar terlalu lama

Layar ponsel merupakan komponen utama yang sangat menguras baterai. Layar yang terlalu lama menyala lebih banyak mengonsumsi baterai. Sebaiknya, aturlah waktu siaga layar yang tidak terlalu lama, yakni sekitar 15-30 detik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement