Manfaatkan Find X, Oppo Ingin Naik Kelas

Model memperlihatkan produk terbaru Oppo Find X saat peluncurannya di Jakarta, Rabu (18/7/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
20 Juli 2018 08:00 WIB Dhiany Nadya Utami Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Oppo berjuang keras memperluas target pasarnya dengan membawa produk unggulannya berkelas high-end ke pasar Indonesia.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menyebut, jika sebelumnya Oppo identik dengan produk kelas menengah, kini vendor asal Tiongkok tersebut berusaha membidik segmen premium.

“Kami berpikir sudah saatnya naik kelas,” katanya, seperti dikutip harianjogja.com dari bisnis.com, Jumat (20/7/2018). Aryo mengatakan Oppo ingin mengetahui bagaimana respons pasar Indonesia terhadap produk premium mereka.

Jika memang respons pasar menjanjikan, tak menutup kemungkinan Oppo akan membawa lebih banyak produk flagship lain ke Indonesia. Aryo mengaku memang awalnya ada ketakutan akan penerimaan konsumen atas produk mereka, apalagi dari segi harga banderolnya terbilang tinggi dan citra Oppo sebagai vendor produk premium di Indonesia belum sekuat vendor lain.

Namun, setelah melewati banyak pertimbangan akhirnya Oppo memutuskan untuk membawa produk mereka. Salah satunya mereka melihat konsumen di Indonesia sudah dapat melihat kesesuaian antara harga dengan spesifikasi yang ditawarkan. Pun, ada permintaan akan produk premium Oppo di Indonesia.

Dia optimistis dengan teknologi yang mereka tawarkan lewat ponsel premiumnya. Apalagi dia melihat masih terdapat banyak celah di pasar ponsel premium karena belum banyak pemain yang menawarkan produk.

Menurutnya, inovasi dapat menjadi nilai jual untuk meraih konsumen yang mereka targetkan sekaligus jadi pembeda Oppo dengan vendor lain di kelas tersebut.

“Sekarang tergantung pendekatannya. Ketika [menawarkan ponsel seharga] Rp10 juta tanpa ada inovasi teknologi atau sesuatu yang baru ditawarkan ke konsumen, mungkin kami akan ragu,” tuturnya.

Marketing Plan Oppo Indonesia Suwanto menyebut Oppo Find X sebagai The Future Flagship. Alasannya, ponsel premium Oppo ini mengusung desain inovatif yang belum ada di ponsel lain saat ini.

"Oppo Find X menawarkan desain yg sederhana tapi elegan, dengan layar yang utuh dan tak terganggu apapun berkat teknologi 3D Stealth Camera atau kamera tersembunyi," jelasnya.

Kamera Oppo Find X menggunakan sistem mekanis khusus untuk menyembunyikan kamera depan serta belakangnya dan baru muncul ketika fitur kamera diaktifkan. Untuk kekuatan kameranya, Oppo Find X dibekali kamera depan 25 MP plus sistem pemindai wajah 3D dan dwi-kamera belakang masing-masing 16 MP dan 20 MP.

Adapun, secara tampilan ponsel satu ini terlihat sangat mirip dengan Samsung Galaxy S9 Plus dengan layar OLED 6,4 inci yang memiliki sisi lengkung. Tampak depan terlihat tampilan layar penuh dengan pinggiran (bezel) yang amat tipis. Bahkan, Oppo Find X diklaim memiliki aspek rasio layar dan bodi paling tinggi di kelasnya yakni 92,25%.

Berbeda dengan ponsel-ponsel yang banyak beredar saat ini, Oppo Find X tak lagi memiliki pemindai sidik jari. Sebagai gantinya Oppo Find X menggunakan fitur pemindai wajah sebagai alat identifikasi untuk membuka kunci ponsel.

Untuk dalaman, Oppo Find X memiliki spesifikasi kelas atas dengan cipset Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8 GB, dan memori hingga 256 GB. Bagian peranti lunak ponsel ini telah mengadopsi Android Oreo 8.1 yang yang dipadukan dengan Color OS dari Oppo.

Sebagai penyokong daya, Oppo membekali Find X baterai 3.730 mAh yang dilengkapi teknologi VOOC fast charging. Untuk koneksi internet ponsel ini memiliki slot dual-SIM yang kompatibel dengan jaringan LTE global.

Oppo Find X tersedia dalam 2 warna yakni Glacier Blue dan Bordeaux Red dan dapat dipesan secara praorder selama periode 18-31 Juli 2018 lewat platform dagang-el Lazada.co.id dengan banderol Rp12.999.000.

Sumber : Bisnis Indonesia