Advertisement

NASA Tunjukkan Foto Misterius Planet Mars

Jafar Sodiq Assegaf
Minggu, 22 Juli 2018 - 08:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
NASA Tunjukkan Foto Misterius Planet Mars Ilustrasi penampakan di Planet Mars. (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, CALIFORNIA—Seluk beluk kehidupan di Mars seringkali menjadi perbincangan yang menarik. Seperti penampakan wajah asing yang ditemukan dalam gambar yang diambil fotografer Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) dan diberi nama Chryse Alien pada Maret 2018.

Belum lama ini, NASA kembali merilis foto misterius. Foto tersebut berupa bercak hitam atau siluet yang terlihat seperti laba-laba di Mars. Namun, sayangnya foto tersebut masih belum membuktikan, apakah alien pernah hidup di permukaan Mars.

Advertisement

Lengkapnya, gambar tersebut tertangkap pesawat luar angkasa milik NASA, Mars Reconnaissance Orbiter di area kutub selatan.

“Ini bukan laba-laba yang sebenarnya. Gundukan pemancar yang menyerupai laba-laba terbentuk ketika es karbon dioksida di bawah permukaan memanas dan terlepas,” kata NASA, seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia dari Metro.co.uk, Minggu (22/7/2018).

Lebih lanjut, NASA menjelaskan jika hal itu merupakan proses musiman aktif yang tidak terlihat dari Bumi. Seperti es kering di Bumi, es karbon dioksida di Mars menyublim ketika menghangat dan berubah dari padat menjadi gas.

Terlebih, gas tersebut terperangkap di bawah permukaan. Seiring waktu, gas karbon dioksida yang terperangkap dibangun dalam tekanan dan akhirnya cukup kuat untuk menerobos es sebagai jet yang meletus menjadi debu.

Kemudian, gas dilepaskan ke atmosfer dan debu yang lebih gelap mungkin tersimpan di sekitar ventilasi atau diangkut oleh angin untuk menghasilkan goresan-goresan. Hilangnya karbon dioksida yang tersublimasi meninggalkan fitur-fitur seperti laba-laba yang terukir di permukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement