Uji Coba Agustus, Ini Tiga Kelebihan 5G

Pengunjung menggunakan ponselnya di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (28/8). - JIBI/Dedi Gunawan
25 Juli 2018 15:00 WIB Duwi Setiya Ariyanti Tekno Share :

Harianjogjaa.com, JAKARTA—PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk. bulan depan akan menggelar uji coba teknologi 5G. Aspek apa saja yang akan dites dalam uji coba tersebut?

Permenkominfo No. 5/2016 menyatakan uji coba teknologi 5G setidaknya harus mengetes salah satu dari tiga aspek utama teknologi seluler terbaru tersebut.

Aspek pertama adalah peningkatan kecepatan internet seluler atau enhanced mobile broadband (eMBB). Pada aspek eMBB, yang bisa ditampilkan seperti penyiaran gambar dengan sudut pandang 360 derajat dan perekaman gambar dengan fitur realitas tertambah (AR) dan realitas virtual (VR).

Kemudian, teknologi berbasis sensor atau massive machine type communication (mMTC). Pada aspek mMTC atau machine-to-machine memungkinkan mesin mengirimkan data melalui teknologi seperti sensor.

Terakhir, aplikasi membutuhkan koneksi dengan latensi rendah atau mission critical (ultra reliable & low latency communication/URLLC).

Telkomsel akan menggelar uji coba teknologi 5G dalam ajang Asian Games 2018. Pada kesempatan percobaan tersebut akan ditampilkan mobil swakemudi di area Gelora Bung Karno/

Selain itu, Telkomsel akan menampilkan perekaman video time-slicing sehingga memungkinkan penonton Asian Games melihat pertandingan secara lebih detail. Telkomsel disebut menggandeng mitra asal Korea Selatan yang pernah melakukan percobaan 5G pada acara Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang awal 2018, yaitu Samsung.

Uji coba teknologi 5G oleh XL akan dilaksanakan di wilayah Kota Tua DKI Jakarta. XL bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan menyertakan seluruh mitra penyedia teknologi jaringan XL dalam uji coba tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan koneksi internet cepat yang dihadirkan akan menampilkan konten kreasi anak muda. Kendati dia enggan menyebut detailnya, dia berharap momentum tersebut bisa meningkatkan gagasan kreatif kaum muda.

“Kami harapkan menjadi percontohan di wilayah lain di Jakarta karena kami hadirkan koneksi kelas dunia yang akan memacu kreativitas anak-anak muda,” katanya.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan percobaan 5G ini sesuai dengan komitmen perusahaan untuk melakukan inovasi dan adopsi teknologi terkini.

Meskipun tak menjadi sponsor resmi Asian Games 2018, dia menyebut XL ingin turut memanfaatkan pesta olahraga internasional itu melalui penyediaan teknologi baru yang dicoba langsung para konsumen. 

"Hal ini juga selaras dengan spirit kami untuk terus mendukung pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaraaan event-event internasional melalui penyediaan layanan telekomunikasi dengan teknologi terbaru yang bisa dicoba dan dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Tri. 

Sumber : Bisnis Indonesia