Advertisement

Dua Robot Jepang Mendarat di Asteroid Purba

Newswire
Senin, 24 September 2018 - 16:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Dua Robot Jepang Mendarat di Asteroid Purba Hayabusa2 Minerva/II/1. (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Negeri Matahari Terbit, Jepang, mengumumkan telah berhasil mendaratkan sepasang robot mini ke permukaan sebuah asteroid purba yang berjarak sekitar 300 juta kilometer dari Bumi. 

Sebanyak dua robot berbentuk tabung bernama Minerva-II1A dan Minerva-II1B itu meluncur dari Hayabusa2, sebuah satelit milik badan antariksa Jepang (JAXA) pada Jumat (21/9/2018).

Dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia dari Planetary.org, Senin (24/9/2018), robot-robot berbobot sekitar satu kilogram dan yang bergerak dengan cara melompat itu, didaratkan untuk meneliti permukaan serta mengukur temperatur asteroid bernama Ryugu tersebut.

Advertisement

Ryugu memang memiliki gaya gravitasi yang sangat lemah, sehingga robot atau wahana lain tak mungkin bergerak di permukaannya menggunakan roda seperti pada mobil.

Hayabusa2 diluncurkan dari Bumi pada Desember 2014 dan setelah melewati perjalanan nyaris selama 4 tahun, akhirnya berhasil tiba di orbit Ryugu pada Juni 2018.

Ryugu sendiri, yang pertama kali ditemukan pada 1999, dipilih untuk diteliti karena diyakini berusia sama purbanya dengan tata surya kita sendiri. Ryugu bahkan diyakini tidak banyak berubah sejak tata surya kita terbentuk.

Penelitian yang akan dilakukan oleh duo Minerva diharapkan bisa membuka cakrawala baru soal terbentuknya tata surya dan asal muasal kehidupan.

Rencananya, setelah meluncurkan dua robot peneliti itu, Hayabusa2 akan meluncurkan apa yang disebut sebagai "impactor", yang berfungsi mirip bom untuk meledakan permukaan Ryugu sehingga menciptakan kawah di asteroid itu.

Material yang dihasilkan dari ledakan itu akan diambil untuk dibawa pulang ke Bumi dan diteliti. Selain itu, Hayabusa2 juga akan mendaratkan sebuah wahana buatan Jerman dan Prancis bernama Mobile Asteroid Surface Scout (Mascot) ke permukaan Ryugu.

Kemudian, setelah mengikuti Ryugu selama sekitar satu setengah tahun, Hayabusa2 ditargetkan pulang ke Bumi pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement