Bosch Umumkan Solusi Perangkat Lunak IoT di Huawei Cloud

Bosch dan Huawei berbagi visi yang sama untuk IoT. - BOSCH
13 Oktober 2018 11:00 WIB Fatkhul Maskur Tekno Share :

Harianjogja.com, STUTTGAART—Bosch dan dan Huawei mengumumkan kemitraan untuk mempercepat pengembangan internet of things (IoT) di Tiongkok. Perjanjian kolaboratif yang diumumkan di di Huawei Connect 2018 ini akan melihat kedua mitra tersebut membuat layanan perangkat lunak IoT Suite Bosch tersedia di Tiongkok pada Huawei Cloud.

Bosch adalah pemasok teknologi dan layanan global terkemuka, dan Huawei merupakan penyedia global infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkemuka dan perangkat pintar.

“Permintaan untuk solusi IoT di Tiongkok meningkat. Kemitraan antara Bosch dan Huawei Cloud menandai langkah yang menentukan untuk Bosch di salah satu pasar IoT yang tumbuh paling cepat di Asia,” kata Stefan Ferber, CEO Bosch Software Innovations, dalam keterangan pers, Rabu (10/10/2018).

Bosch Software Innovations adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Bosch. Perusahaan mengharapkan pasar Tiongkok untuk platform IoT bertumbuh hingga hampir 70% selama beberapa tahun mendatang.

“Kami senang memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk menawarkan layanan IoT berbasis cloud yang menyediakan berbagai fungsi yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat, pengguna, dan bisnis. Saya yakin bahwa dengan bergabung, perusahaan kami akan memajukan perkembangan internet di Tiongkok.”

Platform perangkat lunak Bosch menghubungkan objek web-enabled untuk memfasilitasi berbagi data di banyak layanan digital dan model bisnis. Layanan pertama yang tersedia untuk konsumen Tiongkok melalui Huawei Cloud akan menjadi Bosch IoT Remote Manager - layanan untuk mengelola dan mengendalikan gateway, sensor, dan perangkat. Layanan tambahan dari Bosch IoT Suite akan mengikuti pada 2019.

Dengan kantor di Shanghai dan Nanjing, Bosch Software Innovations telah aktif di China sejak 2012 dan telah berhasil menerapkan proyek IoT mulai dari Industri 4.0 hingga transportasi yang terhubung. Produsen otomotif terkemuka Tiongkok telah memilih untuk menggunakan Bosch IoT Suite di Huawei Cloud untuk memperbarui firmware kendaraannya melalui udara (FOTA). Solusi ini diharapkan akan diluncurkan ke jutaan mobil yang terhubung di Tiongkok selama beberapa tahun mendatang.

“Bosch Software Innovations adalah salah satu pemimpin global di IoT, menyediakan solusi dan layanan IoT yang canggih,” kata Zheng Yelai, Wakil Presiden Huawei dan Presiden Huawei Cloud BU. “Huawei Cloud adalah penyedia cloud global yang berkembang pesat, dan telah berkomitmen untuk mengembangkan lingkungan yang subur ini bagi para mitranya. Dengan keunggulan teknis Bosch IoT Suite, dan layanan infrastruktur yang andal oleh Huawei Cloud, kami akan memberikan solusi IoT yang lebih cerdas ke kota pintar, perusahaan, keluarga, dan individu.”

Yang paling signifikan, bagi konsumen di Tiongkok, pasar otomotif terbesar di dunia, Bosch IoT Suite memungkinkan layanan vital seperti Solusi Manajemen Kendaraan, yang tersedia secara lokal di Huawei Cloud. Solusi ini menghubungkan kendaraan selama masa layanan mereka, menyediakan fondasi teknologi untuk layanan berbasis cloud seperti diagnostik prediktif dan pembaruan perangkat lunak melalui udara. Perangkat lunak ini menyediakan antarmuka komunikasi yang aman antara kendaraan, cloud, dan layanan. Manajemen data memungkinkan produsen kendaraan dan manajer armada untuk mengatur data kendaraan, menganalisisnya, dan menjaga perangkat lunak kendaraan terus diperbarui.

Setelah pengumuman ini, Bosch dan Huawei akan mengembangkan penawaran IoT end-to-end yang terintegrasi. Huawei sedang mengembangkan gateway perangkat keras IoT yang akan dipra-konfigurasi dengan perangkat lunak Bosch IoT Gateway dan dikelola melalui Bosch IoT Remote Manager untuk dijalankan di Huawei Cloud. Integrasi yang erat ini akan memberi pelanggan solusi IoT yang lebih lengkap yang lebih mudah untuk diterapkan dan dikelola.

Bosch dan Huawei berbagi visi yang sama untuk IoT, berdasarkan pada open source dan standar industri dan komitmen untuk membangun ekosistem yang kuat di bidang kendaraan yang terhubung, manufaktur, rumah, kota, dan pertanian. Kedua perusahaan juga merupakan anggota Eclipse Foundation dan melayani dalam peran kepemimpinan dalam Konsorsium Internet Industri dan Aliansi OSGi.

Sumber : Bisnis Indonesia