Advertisement

Tiongkok Garap Teknologi Jaringan 6G

Chelin Indra Sushmita
Rabu, 21 November 2018 - 16:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tiongkok Garap Teknologi Jaringan 6G Ilustrasi jaringan 6G (Atimes)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO – Teknologi 5G digadang-gadang baru populer pada 2019 mendatang. Sejumlah vendor telepon seluler (ponsel) tengah merancang perangkat yang mendukung teknologi 5G. Namun, siapa sangka Tiongkok  justru telah merancang teknologi konektivitas selanjutnya, yakni 6G.

Dikutip dari Techin Asia, Rabu (21/11/2018), Tiongkok disebut tengah memulai riset dan pengembangan teknologi jaringan 6G. Riset tersebut dilakukan di bawah pengawasan Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok.

Advertisement

"Penelitian dan pengembangan awal jaringan 6G dimulai pada 2020 mendatang. Jika semua proses lancar, jaringan 6G bakal dikomersilkan pada 2030," kata ketua tim riset, Su Xin.

Kecepatan jaringan Internet 6G ini diklaim 10 kali lebih cepat ketimbang 5G. Padahal, jaringan 5G saja disebut-sebut memiliki kecepatan yang luar biasa dan diklaim bakal memberikan perubahan pada kehidupan masyarakat modern.

Sebagai informasi, kecepatan jaringan 5G rata-rata sekitar 300 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, sekitar 1 GB data bisa diunduh dalam waktu 28 detik.

Sementara kecepatan masimalnya mencapai 1 Mbps. Teknologi jaringan 5G telah dirilis di empat kota di kawasan Amerika Serikat, yakni Los Angeles, Sacramento, Houston, dan Indianapolis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement