Advertisement

NASA Umumkan Target Penerbangan Perdana Pesawat Supersonik X-59

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 22 November 2018 - 00:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
NASA Umumkan Target Penerbangan Perdana Pesawat Supersonik X-59 Pesawat Supersonic Senyap (QueSST) X-59 pengembangan NASA dan Lockheed Martin. - Lockheed Martin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan pengembangan antariksa AS, NASA telah memiliki rancangan waktu resmi untuk pengembangan Teknologi Pesawat Supersonic Senyap (QueSST) X-59. Pemerintah menegaskan, dari jadwal yang sudah ditetapkan secara resmi itu, penerbangan pertama (maiden flight) untuk pesawat X-59 akan dilakukan tiga tahun mendatang atau pada 2021.

NASA berkomitmen mengikuti garis waktu yang ditetapkan pemerintah setelah adanya peninjauan Key Point-C (KDP-C) yang mengkonfirmasikan pendanaan dan pencapaian proyek.

Advertisement

"Ini adalah tonggak monumental proyek ini," kata associate administrator bidang aeronautika NASA Jaiwon Shin, seperti dikutip avweb.com, Rabu (21/11/2018). “Saya sangat bangga dengan tim karena kerja keras mereka, kami mencapai titik ini. Kami semua berharap bisa menjadi saksi pengembangan pesawat ini hingga ia diterbangkan.”

QueSST adalah bagian dari proyek Penerbangan Low-Boom NASA. X-59 dirancang dapat terbang dengan kecepatan supersonik dengan suara yang tidak bising saat melintasi daerah-daerah padat penduduk. Model subscale telah menjalani pengujian terowongan angin berkecepatan rendah di Langley Research Center NASA di Hampton, Virginia.

Setelah dibangun, X-59 akan menjadi pesawat X pertama yang telah diujicoba di NASA selama lebih dari 30 tahun. Pesawat ini dikembangkan oleh manufaktur pesawat militer, Lockheed Martin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : avweb.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Soal Jalan Godean Rusak: Kalau Anggaran Belum Ada Tambal Dulu

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement