Advertisement

Facebook Akhirnya Penuhi Panggilan Sidang Gugatan Class Action

MG Noviarizal Fernandez
Selasa, 27 November 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Facebook Akhirnya Penuhi Panggilan Sidang Gugatan Class Action Facebook - Reuters/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Akhirnya, Facebook Inc. memenuhi panggilan pengadilan untuk menghadiri sidang gugatan class action, Selasa (27/11/2018).

Pantauan Bisnis, dalam sidang lanjutan perkara gugatan class action yang dilayangkan oleh Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Informasi Indonesia (LPPMII) dan Indonesia ICT Institute (IDICTI), pihak Facebook Inc. diwakili oleh dua orang lawyer dari HHP Law Firm.

Advertisement

Sementara itu, tergugat 2, Cambridge Analytica serta tergugat 3 Facebook Indonesia tidak menghadiri sidang tersebut.

Setelah memeriksa kelengkapan kuasa kedua belah pihak, majelis hakim menyatakan bahwa pihak tergugat 1, Facebook mesti melengkapi surat kuasa dengan legalisir dari Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat.

Karena itu, majelis kemudian menunda perkara tersebut hingga 9 Maret 2019 dan meminta para pihak melengkapi persyaratan surat kuasa.

Sementara itu, Cambridge Analityca juga kembali dipanggil melalui Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dan Facebook Indonesia akan dipanggil secara terbuka melalui media massa.

Kamilov dari LPPMI mengatakan bahwa pihaknya meminta Presiden dan Menteri Komunikasi dan Informatika untuk turun tangan membantu menghadirkan Facebook Indonesia.

Pasalnya, perwakilan Facebook itu dianggap tidak menghargai Indonesia dengan tidak menghadiri sidang tersebut.

"Saya melihat bahwa kebocoran data pribadi ini sangat berbahaya sehingga Presiden harus turun tangsn," ujarnya seusai persidangan.

Dia juga menilai tidak tertutup kemungkinan kebocoran data pengguna Facebook bisa terjadi lagi di Indonesia dan dimanfaatkan oleh kontestan pemilihan umum untuk memobilisasi dukungan sebagaimana yang terjadi dalam Pilpres AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement