Advertisement

Di Tiongkok, Apple Tersandung Paten Qualcomm

Syaiful Millah
Rabu, 12 Desember 2018 - 13:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Di Tiongkok, Apple Tersandung Paten Qualcomm iPhone X - apple.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pengadilan Tiongkok telah memerintahkan larangan penjualan beberapa perangkat model lama dari iPhone karena dinyatakan melanggar dua paten dari produsen penyedia cip Qualcomm Inc.

Dilansir dari Reuters, Rabu (12/12/2018) Qualcomm menemukan pelanggaran dua paten yang dilakukan Apple terkait fitur pengubah ukuran foto dan pengelola aplikasi dalam layar sentuh. Kemudian, pihaknya melaporkan temuan tersebut ke pengadilan Tiongkok pada akhir 2017 lalu.

Advertisement

Setelah melalui proses panjang, akhirnya kantor pengadilan di Tiongkok mengumumkan bahwa Apple terbukti melanggar paten Qualcomm. Sebagai sanksi, pengadilan Tiongkok melarang aktivitas distribusi dan penjualan perangkat Apple di wilayahnya.

Beberapa model iPhone yang dilarang peredarannya di Tiongkok antara lain, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, hingga iPhone X. Adapun, trio produk terbaru Apple tidak termasuk dalam pelarangan yang diumumkan.

Atas peristiwa tersebut, beberapa pengamat menilai akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan penjualan perangkat Apple. Pasalnya, Tiongkok merupakan salah satu pangsa pasar terbesar bagi Apple.

Sebelumnya, Qualcomm juga telah mengajukan tuntutan paten yang sama terhadap Apple ke pengadilan Amerika Serikat. Akan tetapi hasilnya berbanding terbalik dengan keputusan Tiongkok, regulator AS menolak tuntutan yang diajukan.

Perseteruan antara Qualcomm dan Apple tidak terbatas pada tuntutan paten diatas, keduanya masih akan melalui pertarungan hukum terkait kasus lain yang membentang dari pengadilan di Eropa hingga Korea Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement