Advertisement

Google Bantah Bakal Luncurkan Mesin Pencari di Tiongkok

Newswire
Rabu, 12 Desember 2018 - 18:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Google Bantah Bakal Luncurkan Mesin Pencari di Tiongkok Siluet laptop dan pengguna gadget terlihat di samping proyeksi layar logo Google dalam ilustrasi foto yang diambil 28 Maret 2018. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Google membantah akan meluncurkan mesin pencari mereka di Tiongkok. Namun, Google mengakui tetap mempelajari rencana tersebut, kata CEO mereka Sundar Pichai.

"Saat ini, tidak ada rencana meluncurkan mesin pencari di Tiongkok," kata Pichai, saat disidang oleh Kongres Amerika Serikat, dikutip dari Reuters, Rabu (12/12/2018).

Advertisement

Pichai menghadapi sejumlah pertanyaan dari Komite Yudisial DPR AS, yang sedang mengawasi ketat para raksasa teknologi. Mesin pencari Google sudah diblokir Tiongkok sejak 2010 karena kebijakan yang berlaku di negara tersebut, namun, Google berusaha kembali masuk ke negara itu.

Para pembuat kebijakan di AS dan karyawan Google khawatir perusahaan akan mematuhi sensor internet di Tiongkok dan kebijakan pengawasan jika mereka kembali masuk ke negara yang memiliki jumlah pengguna ponsel terbesar di dunia.

Meskipun membantah akan meluncurkan mesin pencari, Pichai mengaku mereka mengembangkan dan mencari tahu mesin pencari seperti apa yang baik.

"Proyek ini sudah berjalan selama beberapa waktu. Ada lebih dari 100 orang yang mengerjakannya".

Pichai mengatakan tidak ada pembicaraan dengan pemerintah Tiongkok saat ini dan berjanji akan bersikap transparan jika mereka memiliki produk mesin pencari di Tiongkok.

Melalui surat untuk para legislator Agustus lalu, Pichai menyatakan memberikan mesin pencari akan memberi "manfaat yang luas" di Tiongkok, tapi, dia tidak menjelaskan apakah Google akan meluncurkan layanan di sana.

Reuters mengutip seorang sumber anonim dari pemerintahan Tiongkok beberapa bulan lalu, yang menyatakan tidak mungkin Google akan meluncurkan layanan pencarian pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement