Advertisement

Nodeflux Bangun Sistem Smart City Bersama Nvidia

N. Nuriman Jayabuana
Kamis, 20 Desember 2018 - 17:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Nodeflux Bangun Sistem Smart City Bersama Nvidia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan teknologi kecerdasan buatan, Nodeflux, terpilih sebagai salah satu perusahaan yang berpartisipasi dalam Nvidia-Metropolis Software Partner Program (Nvidia-MSPP).

Nvidia-MSPP merupakan program pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan deep learning yang dinaungi manufaktur cipset Nvidia dalam membangun ekosistem smart cities.

Advertisement

Nodeflux menjadi satu-satunya perusahaan Indonesian yang tergabung dalam program tersebut di antara 24 perusahaan kecerdasan buatan dari seluruh dunia.

Perusahaan tersebut berhasil mengimplementasikan beragam solusi AI sepanjang tahun ini. Beberapa di antaranya meliputi teknologi pengenalan wajah untuk Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang dan IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018 di Bali.

Perusahaan itu juga mengintegrasikan data kependudukan dengan face matching technology yang terhubung dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Beberapa kota besar di Indonesia juga tengah bersiap mengimplementasikan solusi smart city yang disediakan Nodeflux pada 2019.

CEO Nodeflux Meidy Fitranto mengapresiasi pencapaian yang baru saja diperoleh. Terlebih, tidak begitu banyak perusahaan yang memiliki kesempatan menjadi mitra Nvidia.

"Hal ini menunjukkan perusahaan global di dalam industri AI mengakui keberadaan solusi Nodeflux. Dengan ini, saya berharap agar konsumen Indonesia mengetahui sudah ada karya anak bangsa yang berkualitas global yang dapat mereka gunakan,” ujar Meidy melalui keterangan resmi, Kamis (20/12).

Nodeflux merupakan perusahaan rintisan teknologi penyedia solusi AI yang didirikan pada 2016 oleh dua lulusan Institut Teknologi Bandung, Meidy Fitranto dan Faris Rahman.

Perusahaan itu telah mengimplementasikan solusi intelligent video analytics (IVA) pada ribuan kamera CCTV di berbagai kota di Indonesia.

Nodeflux telah mengintergrasikan layanannya dengan basis data 150 juta penduduk Indonesia yang tercatat di dalam data Dukcapil. Pertengahan 2018, Nodeflux memperoleh kucuran seeds funding dari modal ventura East Ventures.

Pendanaan itu digunakan perusahaan untuk mengembangkan teknologi deep learning dan computer vision.

Nodeflux tercatat telah mengantongi kesepakatan kerja sama dengan pemerintah kota Jakarta dan Bandung untuk pengerjaan proyek smart city.

Solusi teknologi AI yang dipasang pada kamera CCTV dapat dimanfaatkan untuk untuk berbagai kebutuhan seperti untuk pemantauan arus transportasi, manajemen pengelolaan sampah, dan sistem antisipasi banjir di perkotaan secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement