Transfer Uang Dikonsep Bisa Lewat Whatsapp

Ilustrasi logo Whatsapp (Stuff)
27 Desember 2018 03:00 WIB Chelin Indra Sushmita Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Whatsapp dirumorkan sedang menyiapkan fitur baru yang lebih canggih. Kali ini, Whatsapp dibekali kemampuan untuk mentransfer uang antar-pengguna.

Dilansir The Verge, Kamis (27/12/2018), Facebook tengah membangun mata uang kripto yang dirancang untuk memudahkan transfer di Whatsapp. Nantinya, mekanisme transfer uang tersebut bakal mengandalkan stablecoin buatan Whatsapp.

Stablecoin adalah sejenis mata uang digital (crypto currency) yang dikaitkan ke dolar Amerika Serikat untuk meminimalisasi fluktuasi nilai. Namun, masih butuh banyak waktu sebelum fitur transfer uang diluncurkan di Whatsapp. Facebook tengah menggodok strategi yang diterapkan untuk stablecoin tersebut.

Kabarnya, fitur transfer uang lewat Whatsapp itu bakal difokuskan di India. Whatsapp agaknya ingin menyasar pasar transfer uang di India yang nilainya paling besar di dunia. Menurut World Bank, sepanjang 2017 lalu India menerima transfer uang senilai US$69 miliar dari warganya yang bekerja di luar negeri.

Facebook memang telah lama diprediksi terjun ke bisnis layanan finansial. Prediksi tersebut muncul setelah Facebook merekrut mantan Presiden Pay Pal, David Marcus, untuk menjalankan Messenger pada 2014. Facebook diketahui memiliki 40 orang yang khusus mengembangkan teknologi block chain terkait crypto currency. Sayangnya, sampai saat ini Facebook masih merahasiakan proyek tersebut.

Sumber : Solopos