Samsung dan Sony Luncurkan TV 8K

TV Qled 8K Samsung. (Reuters)
10 Januari 2019 15:00 WIB Jafar Sodiq Assegaf Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Semakin luas ukuran layar maka makin puas pula tayangan film atau video bagi sebagian pengguna. Sony, salah satu perusahaan elektronik asal Jepang yang memperhatikan aspek kepuasan pengguna.

Terkini, di agenda Consumer Electronics Show (CES 2019), perusahaan memperkenalkan perangkat TV baru yang tidak hanya mengusung layar besar, tetapi juga resolusi 8K. Dilansir Cnet, Kamis (10/1/2019), Sony mengusung perangkat terbaru yang dijuluki Z9G Master Series LCD. Z9G Master Series LCD hadir dengan dua ukuran, 85 inci dan juga 98 inci. Tidak disebutkan berapa harga perangkat tersebut.

Resolusi 8K menjanjikan peningkatan detail dibandingkan dengan standar TV 4K. Meskipun telah muncul TV dengan resolusi 8K, namun film atau pertunjukkan TV beresolusi 8K tampaknya masih belum populer.

Sony mengatakan bahwa Master Series' Picture Processor X1 Ultimate memiliki algoritma unik yang dikembangkan khusus untuk 8K yang dapat secara cerdas mendeteksi dan menganalisis setiap objek dalam gambar. Selain itu, TV menghasilkan detail dan kontras yang luar biasa untuk gambar yang lebih realistis.

Perangkat terbaru ini memiliki input HDMI 2,1 lengkap dengan kemampuan 48Gbps, yang berarti perangkat kompatibel dengan frame rate yang lebih tinggi dan resolusi lebih rendah seperti 4K pada 120 frame per detik atau 8K di 60 fps.

Perangkat juga mendukung variable refresh rate (VRR) dan automatic low latency mode (ALLM atau auto game mode) untuk enhanced audio return channel (eARC).

TV 8K Samsung

Selain Sony, Samsung juga resmi meluncurkan televisi QLED dengan resolusi 8K dalam acara pameran teknologi CES 2019 yang digelar di Las Vegas. Dikutip dari situs resmi Samsung, Selasa (8/1/2019), TV tersebut hadir dalam berbagai variasi ukuran yakni 65 inci, 75 inci, 82 inci, 85 inci dan yang terbesar 98 inci. Perangkat tersebut juga dibekali chipset 8K Quantum Prosesor yang diklaim dapat memberikan kualitas gambar QLED terbaik.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) Samsung disebut dapat mengenali dan meningkatkan konten apapun, layanan streaming, set-top box, HDMI, USB atau bahkan mirroring layar ponsel, terlepas dari resolusi asli akan mendekati kualitas 8K. "Ini adalah TV Samsung yang paling cerdas dan paling kuat," tulis Samsung.

Pada 2019, Samsung Smart TV menawarkan lebih banyak cara untuk mencari konten dan lebih banyak kompatibilitas dengan perangkat yang terhubung. Dengan algoritme AI yang ditingkatkan yang memanfaatkan layanan berlangganan, konten favorit dan kebiasaan menonton TV pengguna, Universal Guide memudahkan pengguna untuk menemukan acara yang sempurna untuk mereka tonton.

Pengguna juga memiliki lebih banyak pilihan untuk dengan cepat dan mudah menemukan dan mengontrol konten favorit mereka hanya dengan suara mereka dengan menggunakan asisten virtual milik Samsung, Bixby, yang sudah ditingkatkan. Tidak hanya itu, AI Remote juga menjadi opsi untuk mengontrol Samsung TV melalui Amazon Echo dan Google Home.

Sumber : Solopos