Advertisement

TIPS PILIH HARDDISK EKSTERNAL : Inilah Tujuh Cara Memilih Harddisk Eksternal

Jumali
Selasa, 23 September 2014 - 06:10 WIB
Jumali
TIPS PILIH HARDDISK EKSTERNAL :  Inilah Tujuh Cara Memilih Harddisk Eksternal Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Antara)

Advertisement

 
Harianjogja.com, SOLO -- Belakangan ini Harddisk eksternal banyak dipilih sebagai media penyimpanan data alternatif, karena memang ringan, praktis dan mudah dibawa kemana-mana, serta dalam pemakaiannya juga tidak perlu repot.
Saat akan dipakai, pengguna Hardisk eksternal tinggal plug n play dalam menggunakanya seperti flash disk, nah disamping kemudahanya itu, dalam memilih harddisk ini juga harus tetap berhati-hati, karena akan mengacu dengan kualitas dari harddisk tersebut dan media yang disimpan akan aman atau tidaknya. Nah berikut ini 7 cara tepat dalam memilih harddisk eksternal seperti dilansir dari ruangteknologi, Senin (22/9/2014).

1. Kapasitas

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Untuk urusan kapastias, harddisk portabel atau eksternal ini bervariasi mulai dari yang kecil sekitar 40GB – 1TB bahkan ada yang lebih, jika anda banyak bekerja atau memerlukan media penyimpanan untuk menyimpan misal file video dan grafis, lebih baik pilih harddisk yang berkapasitas besar.

2. Buffer atau Cache Harddisk

Biasanya besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di cache, tugas dari cache ini adalah menangani antrian permintaan, transfer baca/tulis dara dari sistem yang ada. Biasanya besarnya buffer ini sekitar 2MB- 16Mb, semakain bisar ruang antrian, maka pembacaan dan penulisan di harddisk ini semakin cepat data untuk diproses, nah untuk ukuran buffer dari harddisk ini berbanding terbalik dengan harga, semakin besar cache memori maka akan semakin mahal juga harga dari Harddisk eksternal itu.

3. Fitur Recovery

Seakarang ini Harddisk eksternal ini sudah banyak yang mempunyai fitur tambahan, seperti fitur backup dan recovery, fitur ini berguna disaat file-file yang ada mengalami kerusakan atau korupt data, dan melalui fitur recovery ini anda bisa memulihkan data yang hilang/rusak, jadi lebih baik pilihlah harddisk yang sudah memiliki fitur tadi, karena akans angat membantu ada dalam menyimpan data.

4. Plug And Play

Advertisement

Rata-rata Harddisk eksternal sudah mencakup fitur ini, yaitu tinggal tancap ke usb saja, alias plug and play, jadi harddisk ini langsung bisa dipakai tanpa perlu instalasi driver atau software apapun. Kemampuan ini sangat membantu anda jika menggunakan satu atau lebih harddisk eksternal di beberpa PC sekaligus.

5. Garansi

Memang untuk garansi ini mencerminkan kualitas produk, rata-rata harddisk eksternal ini memiliki garansi 1 tahun, namun juga ada yang lebih singkat, meski bukan faktor utama, lebih baik anda mempertimbangkan dukungan garansi dari vendor, jadi agar harddisk anda benar-benar terjamin dalam hal garansinya.

Advertisement

6. Dustproof, Waterproof and Shockproof

Perlu anda tahu, untuk harddisk ini dirancang untuk menerima getaran hingga kurang lebih 3G (3x kecepatan gravitasi) dalam kondisi diam, namun beberapa vendor ada yang menjamin harddisk besutanya bisa tahan hingga 5G, bahkan sejumlah vendor mengemas harddisk eksternalnya dengan karet pelindung, jadi bisa tahan dari beberapa gangguan misal debu, goncangan dan air.

7. Kecepatan Putar Drive

Kecepatan harddisk dalam memutar piringan metal ini juga sangat mempengaruhi kecepatan laju data, semakin cepat daya putarnya maka semakin cepat data yang bisa ditulis dan dibaca. Kecepatan ini dinyatakan dalam satuan RPM, pada umumnya harddisk eksternal ini berputar pada kecepatan 5400 RPM.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tugu Tobong dan Pedestrian Siyono Rampung Akhir Tahun, PKL Direlokasi

Gunungkidul
| Minggu, 04 Desember 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement