PENEMUAN TERBARU : Kertas Lampu, Penerangan Super Tipis

Kertas lampu (Dailymail)
03 Januari 2015 10:20 WIB Mediani Dyah Natalia Tekno Share :

Penemuan terbaru di bidang penerangan. Ilmuwan berhasil menciptakan kertas yang dapat menyala, laiknya lampu.

Harianjogja.com, JOGJA-Mungkin dapat dikatakan inilah akhir dari bola lampu atau benda penerangan berbentuk besar lain di dalam rumah.

Peneliti menciptakan kertas lampu. Kertas ini mirip dengan kertas pada umumnya. Berbentuk tipis tetapi 'diinfus' dengan LED kecil.

Karena bentuknya yang mungil, peneliti mengatakan kertas lampu ini dapat dipasang di dinding. Bahkan kertas tersebut dapat dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. Misal kertas di-print dengan bentuk segitiga dan yang lain.

Penemuan ini dikategorikan sebagai kertas tiga dimensi (3D). Hanya, perusahaan tersebut mengakui belum sepenuhnya memikirkan penggunaan kertas lampu tersebut.

"Penerangan terkecil di dunia, lampu berbentuk kertas yang dapat dicetak dan fleksibel," kata juru bicara dari perusahaan itu, Rohini seperti dilansir dari Dailymail, Selasa (30/12/2014).

"Selama ini, untuk mendapatkan lampu, seseorang harus menyolder LED pada sirkuit papan. Dengan penemuan ini, Anda cukup mencetak kertas lampu dengan bentuk yang diinginkan," jelasnya lagi.

Perusahaan tersebut mengaplikasikan kertas lampu di wallpaper, logo mobil bahkan papan luncur.

"Kami ingin mencoba memberikan kebebasan orang berkreasi dengan lampu," ujar dia.