LAPTOP TERBARU : ASUS ZenBook 3 UX390UA Tipis tapi Tangguh di Dalam

21 Oktober 2016 19:20 WIB Kusnul Isti Qomah Tekno Share :

Laptop terbaru dari ASUS membawa keunggulan berupa desain yang tipis

Haranjogja.com, JAKARTA--ASUS resmi memboyong notebook premium terbarunya untuk konsumen di Tanah Air. Hadir dengan segala keindahan dan keistimewaan desain serta aspek spesifikasinya, ASUS ZenBook 3 UX390UA dipercaya menjadi perangkat paling prestisius yang pernah ada saat ini.

Product Marketing Edo Jonathan mengatakan, produk ini merupakan sebuah mahakarya yang lahir dengan membawa keunggulan berupa desain yang tipis 1,19 cm dan bobot sangat ringan 910 gram. Sistem operasi Windows 10 turut melengkapi keindahan UX390 sehingga menjadi lebih stylish.

Selain menawan dari luar, ZenBook UX390UA juga hadir dengan ketangguhan dari dalam berupa komponen yang mampu menghadirkan performa luar biasa. Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu memilih antara kinerja ataupun gaya.

Didesain dari awal untuk mengakomodasi tuntutan spesifikasi yang mumpuni, ultrabook premium tersebut menggunakan body aluminium alloy 6013 standar dengan yang umum digunakan pada struktur primer pesawat terbang.

"Materialnya 50 persen lebih kuat dibanding material yang umum digunakan pada notebook. Notebook yang tetap memegang konsep concentric spun-metal finish di bagian lid-nya ini juga punya dimensi yang lebih ringkas dari kertas A4," papar dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (20/10/2016).

Bersambung halaman 2

Hadir dalam tiga pilihan warna elegan, rose gold, quartz grey dan royal blue, ketiganya memiliki golden metallic edge di sekeliling lid yang dibuat dalam dua tahap anodizing untuk memastikan daya tahannya. Untuk pengetikan yang lebih nyaman, ZenBook 3 UX390UA menggunakan illuminated full size keyboard dengan travel distance 0,8 mm.

Meski punya chassis yang ultra tipis dan ultra ringan, ZenBook 3 punya komponen yang biasa ditemui di notebook berukuran lebih besar. Beberapa komponen bertenaga tersebut di antaranya adalah prosesor Intel Core i7 generasi ke-7, memori LPDDR3 2133MHz hingga 16GB, SSD PCIe Gen 3 x4 berkapasitas 512GB. Selain itu tersedia pula port USB Type-C untuk konektivitas masa depan.

Seluruh komponen tersebut dapat dimasukkan ke dalam chassis yang tipis karena ASUS telah mengubah sistem pendinginan internal yang terpasang di dalamnya. Secara total, sistem pendinginannya hanya memiliki ketebalan 3 mm, dengan sirip-sirip kipasnya hanya setebal 0,3 mm.

Agar lebih bertenaga, material pendinginan dibuat dengan bahan yang disebut liquid-crystal-polymer. Sistem pendinginan juga memiliki heatpipe yang dindingnya setebal 0,1 mm tapi mampu mengarahkan udara hangat ke arah ventilasi tersembunyi yang berada di balik engsel. Dengan demikian, notebook dapat bekerja dengan efisien dan sejuk meski saat full load.

ASUS ZenBook 3 UX390 memiliki layar 12,5 inci dengan resolusi FullHD dan diberi lapisan Corning Gorilla Glass 4 dari ujung ke ujung. Layar tersebut dibingkai dengan bezel yang juga tipis, hanya 7,6 mm sehingga membuat ZenBook 3 punya rasio pendaftar yang sangat besar, yakni mencapai 82%.

Bersambung halaman 3

Lapisan IPS juga membuat pengguna dapat melihat konten tanpa terganggu meski dilihat dari sudut manapun, hingga 178 derajat. Adapun rasio kontras yang mencapai 1000:1 dapat membuat warna hitam menjadi sangat pekat, sementara 72% NTSC color gamut akan menghasilkan reproduksi warna yang sangat baik dan detail.

Untuk video, ZenBook 3 UX390 juga punya fitur bernama ASUS Tru2Life Video Technology. Teknologi ini mampu menganalisa setiap piksel pada frame video agar dapat meningkatkan kontras, ketajaman, dan playback yang lebih mulus.

Sementara, untuk mengantarkan suara yang jernih dan jelas, notebook ini juga telah dilengkapi dengan empat speaker dari Harman Kardon yang juga disokong oleh sentuhan aplikasi ASUS Sonic Master Premium guna menghasilkan suara yang makin memukau.