Advertisement

RUMOR: Xiaomi Bakal Mengambil Alih GoPro

Nugroho Nurcahyo
Sabtu, 14 April 2018 - 07:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
RUMOR: Xiaomi Bakal Mengambil Alih GoPro Action Camera GoPro - TechCrunch

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Xiaomi dilaporkan berniat membeli GoPro. Kabar ini sempat membuat saham GoPro melonjak sekitar 8,8% di tengah kabar GoPro yang belakangan prospeknya kian buram akibat gempuran persaingan dari produsen drone.

Xiaomi kabarnya sedang mempertimbangkan untuk membuat penawaran akuisisi GoPro. Chief Executive Officer GoPro, Nick Woodman mengaku terbuka untuk sebuah kesepakatan termasuk akuisisi.

Advertisement

Awal tahun ini GoPro juga telah mendapat pinjaman dari JPMorgan Chase & Co untuk mendorong penjualan yang potensial. "Jika ada peluang menggabungkan GoPro dengan perusahaan induk yang lebih besar, yang dapat membantu kami meningkatkan bisnis kami, dan memberikan pengembalian investasi yang lebih baik, kami akan menyambut peluang seperti itu," katanya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Setelah dihargai lebih dari US$10 miliar kapitalisasi pasar GoPro anjlok hingga sekitar US$761 juta. Potensi pembelian bisnis GoPro diprediksi senilai US$1 miliar, mengacu pada harga yang dibayarkan Hewlett Packard untuk akuisisi Palm.

Xiaomi memang lebih dikenal sebagai vendor ponsel pintar. Namun perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun itu juga mengembangkan produk elektronik lainnya sebagaimana Samsung. Xiaomi diketahui merancang action camera sendiri bernama Xiaomi Yi, meski popularitasnya masih kalah jauh dari GoPro.

Jika pada akhirnya Xiaomi benar-benar mengakuisisi GoPro, masing-masing perusahaan akan mendapat keuntungan. Xaomi akan semakin mampu mengembangkan action camera-nya dengan bantuan GoPro, sementara GoPro bisa melalui rintangan bisnisnya. Ada pula kemungkinan hadirnya produk baru berkat kesepakatan kedua perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement