Messenger Terbaru dari Facebook Dibuat Lebih Sederhana

Ilustrasi aplikasi Facebook - The Guardian
24 Oktober 2018 16:37 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Facebook memperbarui aplikasi berkirim pesan Messenger, yang diberi nama Messenger 4, menawarkan tampilan yang lebih sederhana agar lebih mudah digunakan.

"Studi Messenger baru-baru ini, 7 dari 10 orang [71 persen] mengatakan sederhana adalah yang mereka cari di aplikasi pesan. Dari orang-orang yang sering berkirim pesan yang kami survei, 62 persen bilang berkirim pesan membuat mereka merasa lebih dekat ke teman," kata Wakil Direktur Messenger, Stan Chudnovsky, dalam tulisan di blog resmi Messenger.

Messenger mengurangi tab di aplikasi menjadi hanya tiga, sebelumnya sembilan, yaitu Chat, People dan Discover. Ketiga tab itu akan mnejadi rumah dari fitur-fitur yang ada di Messenger.

Fitur kamera misalnya, saat ini dimasukkan ke dalam tab Chat. Pengguna akan menemukan game, artikel dan akun bisnis di tab Discover.

Sementara itu, di tab People, pengguna bisa melihat daftar pertemanan, teman yang sedang aktif dan Stories terbaru mereka.

Messenger 4 menyediakan kustomisasi agar pengguna bisa mengatur tampilan balon obrolan sesuai dengan selera mereka, antara lain bisa mengatur warna yang diinginkan.

Pengguna juga diizinkan memilih lebih dari satu warna untuk balon obrolan atau chat bubble sehingga tampilan nya bisa berwarna-warni ketika sedang mengobrol dengan teman.

Facebook tetap mempertahankan fitur-fitur favorit di Messenger meskipun menawarkan tampilan yang lebih sederhana. Facebook Messenger tetap memiliki fitur polling, membagikan lokasi dan video chat.

"Kami tidak mengubah apa pun yang kalian suka di Messenger," kata Chudnovsky.

Messenger 4 secara bertahap akan tersedia secara global dalam beberapa minggu mendatang, Facebook berencana menambah fitur-fitur baru di aplikasi ini antara lain Dark Mode agar layar tidak menyilaukan mata saat berada di tempat bercahaya redup.

Sumber : Antara