Asus Zenbook Classic, Laptop Paling Ringkas di Dunia

Asus Zenbook Classic
11 Januari 2019 17:00 WIB Galih Eko Kurniawan Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Semua orang menginginkan laptop yang ringkas. Ringkas bukan berarti tipis karena banyak sekali laptop tipis namun masih memiliki dimensi yang besar. Salah satu penyebab utamanya adalah layar laptop yang seringkali memiliki desain dengan bezel lebar, membuat ukuran bodinya ikut melebar. Akibatnya, laptop menjadi tidak bisa dibilang ringkas dan memerlukan ruang ekstra untuk menyimpan atau membawanya.

Sebagai produsen laptop terkemuka, Asus terus mengembangkan cara agar laptop tidak hanya semakin tipis tetapi juga semakin ringkas. Solusi yang ditawarkan Asus kali ini adalah melalui teknologi eksklusif NanoEdge Display yang membuat bezel pada empat sisi layar laptop dapat dibuat dengan ukuran hanya 2,8 milimeter hingga 5,9 milimeter saja. Ukuran tersebut jauh lebih kecil dibandingkan laptop konvensional yang bezelnya bisa mencapai 20 milimeter.

Berkat NanoEdge Display, jajaran ZenBook Classic terbaru yaitu UX333, UX433, dan UX533 memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop sekelasnya saat ini. “NanoEdge Display juga membuat laptop tersebut memiliki screen-to-body ratio yang sangat tinggi, yaitu mencapai 95 persen sehingga layarnya terlihat lebih lega dan hampir tanpa batas,” ungkap Product Marketing Asus, Davina Larissa Rolos, dalam rilis kepada Harian Jogja, Jumat (11/1/2019).

Layar jajaran ZenBook Classic terbaru mengusung resolusi Full HD (1920x1080 piksel) dengan tingkat reproduksi warna tinggi, yaitu mencapai 100% dalam color space sRGB. Layar tersebut juga memiliki sudut penglihatan yang sangat lebar, yaitu mencapai 178 derajat dan telah dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti Asus Splendid dan Asus Tru2Life Video untuk pengalaman visual sempurna.

Pembeda utama pada layar ZenBook Classic terbaru kali ini adalah ukurannya. ZenBook UX333 mengusung layar 13 inci dan ZenBook UX433 mengusung layar 14 inci. Kedua laptop ini dilengkapi dengan fitur unik NumberPad, yaitu tombol numpad yang terintegrasi dengan touchpad. Sementara ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci dan dilengkapi dengan tombol numpad fisik.

Meski ZenBook UX333 merupakan laptop 13 inci paling ringkas di dunia, spesifikasi yang diusung oleh laptop ini dapat disandangkan dengan laptop premium yang ukurannya lebih besar. Ditenagai oleh prosesor kencang Intel Core generasi ke-8, ZenBook UX333 sangat ideal untuk digunakan bekerja serta sebagai pusat hiburan.

Asus ZenBook UX333, UX433, dan UX533 merupakan salah satu lini laptop yang dibekali dengan sistem keamanan menggunakan face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus memasukkan kata sandi.

Sistem pengenal wajah ini menggunakan kamera infra merah khusus yang dapat memindai wajah secara akurat. Bahkan kamera di seri ZenBook Classic terbaru ini masih dapat mengenali penggunanya meski menggunakan aksesori seperti topi atau kacamata. Sistem keamanan ini membuat seri ZenBook Classic terbaru lebih aman sekaligus mudah digunakan. Soal harga, Asus ZenBook UX333 dan UX433 dibanderol mulai dari Rp15.299.000 sementara ZenBook UX533 dibanderol Rp26.999.000.