Asus ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433, Laptop Paling Mungil di Kelasnya

Asus menghadirkan laptop mungil di kelasnya. - Harian Jogja/Istimewa
08 Februari 2019 16:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA--ASUS selalu menghadirkan inovasi teknologi sehingga laptop dapat tampil lebih ringkas namun tetap powerful. Karena itulah ASUS menghadirkan ZenBook 13 dan 14 terbaru.

ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 merupakan laptop 13 dan 14 inci terbaru dari ASUS dengan ukuran bodi paling mungil di kelasnya. Bahkan ZenBook 13 UX333 yang mengusung layar 13 inci memiliki ukuran bodi lebih kecil dari kertas A4.

Product Marketing ASUS, Davina Larissa Rolos menjelaskan membuat kelesuruhan bodi laptop menjadi lebih kecil memang tidak mudah. Kali ini, ASUS menggunakan teknologi NanoEdge Display untuk membuat bodi ZenBook 13 dan 14 menjadi lebih kecil. NanoEdge Display merupakan teknologi eksklusif ASUS yang menghadirkan layar dengan bezel ultra-tipis.

"Bahkan di ZenBook 13 dan 14 terbaru, ukuran bezel layarnya hanya sebesar 2,2 milimeter saja," katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (8/2/2019).

Melalui desain bezel ultra-tipis, ZenBook 13 dan 14 dapat memiliki bodi yang lebih ramping dan mungil dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Jika diibaratkan, ZenBook 13 merupakan laptop berlayar 13 inci yang hadir dengan bodi setara laptop 12 inci. Sementara ZenBook 14 merupakan laptop berlayar 14 inci dengan bodi setara dengan laptop 13 inci.

ZenBook 13 dan 14 terbaru memiliki ketebalan bodi 16,9 milimeter atau kurang dari 2 centimeter. Dengan demikian, laptop ini masuk ke dalam kategori ultrabook. Meski bukan yang paling tipis, namun ZenBook 13 dan 14 terbaru memiliki keunggulan lain yang ditawarkan. Salah satu keunggulan tersebut adalah bodi yang sangat kokoh dan sudah menerima sertifikasi Military Grade MIL STD-810G.

ASUS kembali menghadirkan fitur eksklusif ErgoLift Design di laptop ini. Fitur tersebut membuat bodi ZenBook 13 dan 14 terbaru terangkat dan membentuk sudut tiga derajat saat digunakan. Desain unik ini memang tidak sembarangan dihadirkan dan memiliki tiga manfaat utama dalam penggunaan.

Manfaat pertama adalah pendinginan yang lebih baik. Karena bodinya terangkat saat digunakan, ZenBook 13 dan 14 terbaru memiliki ruang ekstra di bagian bawah bodinya sehingga membuat sirkulasi udara lebih lancar. Manfaat kedua dari ErgoLift Design adalah peningkatan performa audio. Rongga ekstra yang dihadirkan berkat bodi yang terangkat saat digunakan ternyata juga berpengaruh pada performa audio. Rongga tersebut membuat suara menjadi lebih kencang dan tidak “terpendam” ketika sedang digunakan.

"Terakhir, ErgoLift Design ternyata juga membuat mengetik menjadi lebih nyaman. Mengetik di keyboard dengan posisi miring ternyata lebih nyaman ketimbang di posisi mendatar. Itulah mengapa mengetik di ZenBook 13 dan 14 terbaru yang bodinya terangkat dan membentuk sudut tiga derajat akan terasa lebih nyaman," kata Davina.

ZenBook 13 UX333 dan ZenBook 14 UX433 sudah tersedia di Indonesia dengan banderol harga mulai dari Rp15.499.000.