Advertisement

NASA Akan Kirimkan Astronaut ke Bulan pada 2020

Newswire
Sabtu, 30 Maret 2019 - 06:07 WIB
Budi Cahyana
NASA Akan Kirimkan Astronaut ke Bulan pada 2020 Ilustrasi astronaut. - NASA.gov

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Badan Antarika Samerika Serikat alias NASA akan mengirimkan astronaut ke Bulan pada 2020, lebih cepat daripada rencana semula pada 2020. Dilansir Slash Gear, Jumat (29/3/2019)  ini merupakan misi pengiriman manusia yang pertama sejak 1970.

Pengiriman awak ini kabarnya akan difokuskan pada kutub selatan Bulan yang berdasarkan rekomendasi dari Dewan Antariksa Nasional. Daerah tersebut diketahui memiliki bagian yang diselimuti es lebih banyak dan mungkin memainkan peran penting dalam pangkalan bulan permanen.

Advertisement

Sebelumnya, NASA menyatakan rencana untuk melakukan misi kru ke bulan pada 2022. Administrator NASA, Jim Bridenstine juga mengatakan jika rencana tersebut tak akan diubah. Selain itu, NASA juga dikabarkan akan menjalankan Orion Exploration Mission-1 yang diluncurkan pada pertengahan 2020 yang saat ini dijadwalkan untuk digunakan dengan Space Launch System Boeing.

Awal bulan ini, Bridenstine juga mengindikasikan bahwa NASA mungkin terpaksa memilih alternatif, kendaraan peluncuran yang ada untuk misi Orion karena penundaan yang berkelanjutan dengan proyek SLS Boeing. Badan antariksa itu diharapkan mengkonfirmasi apakah akan bergerak maju dengan rencana itu minggu ini, tetapi konfirmasi masih menunggu.

Dalam sebuah pernyataan, Bridenstine juga mengatakan bahwa ini merupakan waktu yang tepat untuk tantangan ini, dan pihaknya telah meyakinkan Wakil Presiden orang-orang NASA siap menghadapi tantangan itu.

“Kami akan mengambil tindakan dalam beberapa hari dan minggu ke depan untuk mencapai tujuan ini. Kami telah menyusun rencana yang jelas untuk kampanye eksplorasi NASA yang melintasi tiga area strategis: orbit rendah Bumi, Bulan, dan Mars dan lebih dalam ke ruang angkasa,” kata Bridenstine.

Dia menambahkan, “Ada banyak kegembiraan tentang rencana kami dan juga banyak kerja keras dan tantangan di depan, tetapi saya tahu tenaga kerja NASA dan mitra kami siap untuk itu.”

Bridenstine juga mengungkapkan jika pihaknya juga akan mencari pendekatan kreatif untuk memajukan pembuatan dan pengujian SLS untuk memastikan peluncuran Misi Eksplorasi 1 pada 2020.

“Kami akan bekerja untuk memastikan kami memiliki sistem peluncuran yang aman dan andal yang menepati janjinya kepada rakyat Amerika. Saya tahu NASA siap untuk tantangan bergerak maju ke Bulan, kali ini untuk tetap,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement