Advertisement

Begini Cara Menjaga Privasi Digital Konsumen yang Bisa Diakses Publik

Syaiful Millah
Jum'at, 19 April 2019 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Menjaga Privasi Digital Konsumen yang Bisa Diakses Publik Media sosial - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Satu dari tiga konsumen tidak tahu bagaimana caranya dapat melindungi privasi mereka di dunia maya. Hal ini dikemukakan oleh perusahaan perangkat lunak keamanan, Kaspersky.

Kaspersky menyebut ketidakberdayaan terhadap masalah privasi digital ini sebagai keletihan privasi (privacy fatigue), yang dapat diartikan juga sebagai perasaan bahwa pihak ketiga mengambil keuntungan dari informasi pribadi mereka dan pemikiran bahwa semua langkah tetaplah sia-sia.

Advertisement

Hal tersebut umumnya disebabkan karena konsumen sering kali membagikan informasi secar berlebihan di jejaring sosial. Selain itu, maraknya pelanggaran data yang terjadi di dunia maya juga memberikan kontribusi terhadap fenomena ini.

“Peningkatan pelanggaran data, ditambah dengan kesulitan mengelola data pribadi online, menyebabkan konsumen merasa kehilangan kendali dan membuat mereka lelah karena harus memikirkan privasi digital,” kata Marina Tivota, head of Consumer Procut Marketing Kaspersky Lab dalam keterangan resmi, Kamis (18/4/2019).

Namun begitu, lanjutnya, meskipun tidak ada cara yang paling ampuh untuk mencegah pelanggaran privasi daring, ada banyak cara bagi konsumen untuk mengurangi risiko bahaya tersebut.

Misalnya, dimulai dengan kebersihan digital dasar mencakup penggunaan alat atau perangkat keras dan perangkat lunak atau teknologi yang dapat membantu memperkuat privasi digital. Seperti diketahui, bahwa saat ini ada banyak perangkat lunak terkait hal itu.

Adapun, beberapa langkah lanjutan yang disarankan oleh Kaspersky untuk mengamankan privasi digital konsumen adalah sebagai berikut.

Pertama, mengelola jejak digital dengan cara menyimpan daftar akun yang dimiliki dan memerika secara teratur apakah ada data yang dapat diakses publik.

Kedua, disarankan untuk membuat surat elektronik (email) sekunder untuk keperluan tertentu.

Ketiga, gunakan alat digital khusus yang memungkinkan untuk menjelajah internet dengan aman, seperti penjelajah pribadi. Keempat, install solusi keamanan andal yang mencakup seperangkat utilitas untuk meminimalkan resiko pelanggaran privasi, seperti Kaspersky atau perangkat lunak anti virus lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Putusan Banding Turun, Vonis Mari Terdakwa Waliyin dan Ridduan Jadi Penjara Seumur Hidup

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement