Fenix, Peramban Baru Mozilla untuk Android

Ilustrasi logo Mozilla - Android Police
02 Mei 2019 02:17 WIB Chelin Indra Sushmita Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Mozilla mempersiapkan peramban baru yang dirilis untuk platform Android. Browser bernama Firefox itu bakal mengganti Firefox yang lebih dulu dirilis di Android.

Kabar tersebut terungkap dari dokumen yang dipublikasikan Mozilla. Dalam dokumen tersebut, Mozilla tercatat hendak mengganti Firefox dengan browser lain yang disebut Fennec. Fennec tak lain adalah browser baru yang diberi nama Fenix.

Dikutip dari Android Headlines, Rabu (1/5/2019), Mozialla mengklaim telah mengalihkan sebagian besar sumber dayanya untuk menyempurnakan Fenix. Jadi, nantinya Fenix bakal menggantikan fungsi Firefox di Android.

Sayangnya, belum diketahui pasti kapan browser Fenix dirilis oleh Mozilla. Mozilla juga belum memberikan komentar lebih lanjut tentang informasi tersebut. Namun, kabarnya usia Firefox di Android hanya tersisa sekitar satu tahun ke depan.

Kemungkinan besar proses pengembangan Fenix memakan waktu yang lebih lama. Sebab, fitur di aplikasi tersebut berbeda jauh dengan yang ada di Firefox. Kabarnya, Mozilla merilis Firefox Android versi 68 dirilis pada 9 Juli 2019. Setelah itu, kabarnya tidak akan pembaruan lagi untuk fitur peramban tersebut.

Sumber : JIBI/Solopos