Advertisement

Ini Aplikasi yang Bisa Membantu Ibadah Para Santri

Deandra Syarizka
Sabtu, 04 Mei 2019 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Aplikasi yang Bisa Membantu Ibadah Para Santri Apilkasi Kesan. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjoja.com, JAKARTA – Menyambut Ramadan,  PT Kesan Digital Nusantara merilis aplikasi kepribadian muslim bernama Kedaulatan Santri atau Kesan yang didesain khusus untuk menemani para santri,  purna santri,  dan umat Islam dalam beribadah. 

CEO Kesan Hamdan Hamedan menyatakan pendirian Kesan bermula dari obrolan sesama santri yang kesulitan mendisiplinkan diri dalam beribadah setelah ke luar dari pesantren. Oleh karena itu,  pihaknya pun mengembangkan aplikasi yang melayani kebutuhan santri tersebut.  

Advertisement

"Rupanya aplikasi Islami cukup banyak,  tetapi belum ada aplikasi yang memenuhi kebutuhan santri. Padahal,  jumlah santri di Indonesia mencapai 4 juta jiwa," ujarnya saat soft launching Kesan pada hari  Jumat (3/5/2019).

Dia menambahkan,  proses pengembangan aplikasi memakan waktu tiga bulan dan memanfaatkan  talenta lokal.  Untuk sementara,  aplikasi Kesan baru tersedia di Android. Pihaknya tengah mempertimbangkan untuk merilis aplikasi dalam iOs bila mendapatkan respons pasar yang bagus.

Adapun aplikasi ini memiliki berbagaI fitur,  antara lain fitur pengingat atau nudging untuk ibadah wajib dan dunnah seperti salat lima waktu,  Salat Dhuha,  dan Salat Tahajud. 

Selain itu, Kesan juga memiliki fitur yang tak dimiliki aplikasi sejenis lainnya,  antara lain konten Kitab Kuning,  Kalender Hijriyah,  hingga konten doa,  selawat dan hadis hari ini yang disertai dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan penjelasannya.  

"Ada 202 doa sahih plus 36 lebih selawat yang tidak ada dalam aplikasi lain.  Dalam setiap entri ada bhasa Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia," ujarnya.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dishub DIY Buat Skema Jalur Utama dan Alternatif Masuk DIY Saat Mudik Lebaran 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement