Ini Bahaya Memakai VPN Buat Media Sosial

Ilustrasi penggunaan VPN untuk ponsel pintar. - MakeUsOf
23 Mei 2019 19:32 WIB Jafar Sodiq Assegaf Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - VPN menjadi terkenal setelah pemerintah membatasi akses ke sejumlah media sosial.

Solusi VPN ini digunakan oleh warganet karena mudah digunakan dan gratis. Bahkan beberapa dari mereka dapat menggunakan media sosial kembali setelah menginstalnya. Memang VPN kerap digunakan unutk membuka layanan streaming yang diblokir di luar negeri atau belum tersedia di negara tersebut.

Sayangnya, menurut laporan SaferVPN, pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan VPN. Pasalnya, aplikasi gratis tersebut memungkinkan pihak ketiga yang jahat atau hacker untuk menyelinap melalui data pribadi pengguna VPN atau lebih buruk lagi. Selain itu, aplikasi VPN mampu membiarkan orang lain menggunakan koneksi internet Anda untuk melakukan kegiatan ilegal di website.

"VPN gratis dapat mencatat dan melacak semua konten Anda, alamat IP Anda, jenis situs yang Anda kunjungi. Selain masalah privasi Anda ingin menyembunyikan IP Anda, Anda mungkin mengalami kecepatan jelajah yang lambat, koneksi yang tidak stabil, batas penggunaan data, dan enkripsi yang ketinggalan zaman," kata blog tersebut.

Opsi paling buruk yakni banyak dari layanan gratis VPN ini hacker akan menjual informasi pribadi penggunanya kepada pihak ketiga, bahkan ada yang sampai menempatkan iklan tambahan.

Sumber : JIBI/Solopos