Laptop Paling Ringkas dengan Fitur yang Bikin Puas

Asus ZenBook - Ist./Asus
24 Mei 2019 23:07 WIB Arief Junianto Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Semakin gencarnya produksi dan perkembangan peranti mobile membuat laptop berukuran besar kini semakin ditinggalkan oleh masyarakat. Sayangnya, laptop berukuran ringkas biasanya hadir dengan performa yang tidak terlalu kencang, sehingga kurang bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan teknologi yang mudah namun cepat.

“Karena itulah kami menghadirkan inovasi baru pada seri laptop Asus ZenBook. Fitur baru itu bernama ErgoLift,” kata Product Marketing Asus, Davina Larissa Rolos melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (24/5/2019).

ErgoLift, kata dia, adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan bodi ZenBook terbaru terangkat dan membentuk sudut tiga derajat. Dengan begini, laptop pun memiliki rongga ekstra di bagian bawah bodinya. Posisi tersebut membuat jajaran ZenBook terbaru kali ini semakin ergonomis dan nyaman untuk mengetik.

Tidak hanya itu, papan ketik seri ZenBook terbaru tersebut juga dirancang khusus secara full-size backlit keyboard agar pemakainya semakin nyaman saat mengetik. Dengan enggunakan key travel berukuran 1,4 milimeter, setiap tombol pada jajaran laptop ZenBook terbaru terasa sangat nyaman ketika ditekan. Ditambah LED backlit, mengetik menggunakan laptop ini pun menjadi tetap nyaman meski dalam keadaan gelap.

Hadir dalam tiga varian ukuran layar, yaitu ZenBook 13 UX333; ZenBook 14 UX433; dan ZenBook 15 UX533; ketiganya merupakan laptop paling ringkas di kelasnya. Bahkan ZenBook 13 UX333 hadir dengan ukuran lebih kecil dari kertas A4, menjadikannya laptop 13 inci paling ringkas di dunia saat ini.

NanoEdge Display
Adanya teknologi NanoEdge Display membuat penampilan ZenBook menjadi tampak kian ramping. NanoEdge Display, kata Davina, adalah teknologi khusus yang membuat bezel pada empat sisi layar laptop tampil dengan ukuran yang sangat tipis, yaitu hanya 2,8 milimeter.

“Berkat bezel yang sangat tipis tersebut, ketiga laptop ZenBook terbaru memiliki bodi yang lebih ringkas. Bahkan untuk ZenBook 13 UX333, ukuran bodinya lebih kecil dari kertas A4,” ucap Davina.

Meski sangat tipis, bukan berarti performa layar monitor menjadi berkurang. Dengan mengusung resolusi full high definition (HD) serta dengan tingkat reproduksi warna tinggi (mencapai 100% dalam color space RGB) layar monitor laptop terbaru ZenBook jelas tak bisa diremehkan.

Belum lagi dengan ditopang sudut penglihatan (viewing angle) yang mencapai 178 derajat dan dilengkapi dengan berbagai teknologi visual eksklusif seperti ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk pengalaman visual sempurna, layar ZenBook menjadi lebih prima.

Pembeda utama pada layar ZenBook terbaru kali ini adalah ukurannya. ZenBook UX333 mengusung layar 13 inci dan ZenBook UX433 mengusung layar 14 inci. Kedua laptop ini dilengkapi dengan fitur unik yakni NumberPad, yaitu tombol numpad yang terintegrasi dengan touchpad. Sementara ZenBook UX533 mengusung layar 15 inci dan dilengkapi dengan tombol numpad fisik. “Inilah gunanya teknologi NanoEdge Display. Selain bikin bodi kian ringkas, teknologi itu juga membuat tampilan layar tampak lebih lega dan tanpa batas,” ucap Davina.

Pendeteksi Wajah

Keunggulan lainnya ZenBook seri terbaru, kata Davina, adalah adanya fitur face recognition (sistem pengenal wajah) yang terintegrasi dengan Windows Hello. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus memasukkan kata kunci maupun PIN.

Sistem pengenal wajah ini menggunakan kamera infra merah khusus yang dapat memindai wajah secara akurat. Bahkan kamera di seri ZenBook Classic terbaru ini masih dapat mengenali penggunanya meski menggunakan aksesori seperti topi atau kacamata. “Sistem keamanan ini membuat seri ZenBook terbaru lebih aman sekaligus mudah digunakan,” kata Davina.