Advertisement

Mate 30, Ponsel Pertama Huawei Tanpa Android

Ginanjar Saputra
Kamis, 06 Juni 2019 - 12:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Mate 30, Ponsel Pertama Huawei Tanpa Android Huawei. (Reuters/Carlos Barria)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah melarang perusahaan di negaranya bekerja sama dengan produsen smartphone asal Tiongkok, Huawei. Akibatnya, Google telah menghentikan akses Huawei untuk menggunakan teknologi Android.

Sebagai gantinya, Huawei akan membuat sistem operasi buatan sendiri, Hongmeng, untuk ponsel yang diproduksi. Smartphone Huawei Mate 30 dikabarkan akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi buatan Huawei tersebut.

Advertisement

Kabar tersebut dibocorkan seorang kontributor dari situs yang kerap kali membocorkan kabar teknologi, Slash Leaks, melalui akun Twitternya, @RODENT950, Minggu (2/6/2019). Menurutnya, Huawei Mate 30 akan dirilis pada 22 September 2019 mendatang.

"Seri Mate 30 akan dirilis pada 22 September akan dibekali dengan [chipset] Kirin 985 dan sistem operasi baru HongMeng," kicaunya. Huawei memang menyatakan akan meluncurkan sistem operasi buatan sendiri pada akhir 2019 di Tiongkok.

Sebelumnya, sejumlah bocoran mengenai spesifikasi dari Huawei Mate 30 sudah sempat beredar di dunia maya. Smartphone itu disebut akan menggunakan layar AMOLED berukuran 6,71 inci. Fitur in-display fingerprint atau sensor sidik jari dalam layar turut disertakan pada ponsel tersebut.

Smartphone terbaru yang disebut akan diluncurkan Huawei itu menarik untuk ditunggu wujud aslinya. Penantian itu juga untuk membuktikan apakah Huawei akan menggunakan sistem operasi buatan sendiri atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement