Advertisement

Menkominfo Usul Cantumkan Nomor Telepon Seluler saat Membuat Akun Facebook

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 22 Juni 2019 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
Menkominfo Usul Cantumkan Nomor Telepon Seluler saat Membuat Akun Facebook Stiker dengan logo Facebook terlihat dalam konferensi F8 yang digelar Facebook di San Jose, California, AS, Selasa (30/4/2019). - Reuters/Stephen Lam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mengontol media soaial dan kontennya. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pihaknya telah menyurati Facebook meminta agar pembuatan akun Facebook juga mencantumkan nomor telepon selular sebagai syarat. 

Surat tersebut, sambungnya, disampaikan langsung ke Mark Zuckerberg, beberapa waktu lalu.

Advertisement

"Sudah [kirim surat ke Mark Zuckerberg]. Saya lupa tanggal berapa, pokoknya bulan Juni ini," kata Rudiantara di Jakarta, Jumat, (21/6/2019).

Rudiantara mengatakan permintaan tersebut diajukan karena Pemerintah ingin mengontrol media sosial untuk menghindari penyebaran konten negatif dari media sosial atau dark media sosial.

Meski demikian, sambungnya, pihak belum mengetahui lagi perkembangan proses permintaan tersebut.

"Karena ponsel yang prabayar pun di Indonesia sudah mulai registrasi, jadi kita menghindarkan yang namanya dark media sosial," kata Rudiantara.

Sebelumnya, Pemerintah melalui aparat Kepolisian juga berencana melakukan patroli di grup WhatsApp (WA).

Rudiantara menyebut bahwa patroli terhadap grup WhatsApp dilakukan hanya kepada kepada orang-orang yang terindikasi melakukan kejahatan atau kriminal.

“Artinya yang bermasalah dengan hukum. Sekarang kalau hanya berdua pun, kalau commited terhadap crime apa dibiarkan oleh polisi? Ya engga dong. Penegakan hukum harus jalan. Itu dalam konteks itu. Kalau menurut saya, mungkin persepsi yang ada patroli itu kayak patroli pakai motor, lihat kiri-kanan, yang engga ada masalah hukum juga diliatin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement