Sayembara Rp400 Juta Bagi yang Bisa Ungkap Celah Keamanan Chrome

Ilustrasi Google. (Reuters - Dado Ruvic)
23 Juli 2019 08:07 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Google meningkatkan imbalan bagi siapa saja yang menemukan celah keamanan pada browser Chrome. Sejak 2010, Google rutin memberi hadiah bagi mereka yang berhasil menemukan bug atau celah keamanan pada browser mereka, Chrome.

Namun karena meningkatnya frekuensi serangan malware yang diterima Chrome, Google memutuskan untuk menaikkan imbalan mereka. Dilansir CNET pada Senin (22/7/2019), Google sebelumnya memberikan hadiah senilai 15 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp200 jutaan. Namun kini, imbalannya bertambah menjadi 30 ribu Amerika Serikat atau sekitar Rp400 jutaan.

Meski begitu, ada aturan yang ditetapkan Google bagi para pemburu celah keamanan sebelum mendapatkan hadiah ini, yakni jika bug yang mereka temukan masuk dalam kategori "high-quality reports".

Kategori bug ini hanya disandang oleh malware yang memiliki akibat fatal bagi pengoperasian browser Google Chrome. Perlu dicatat juga, jumlah hadiah ini merupakan batas paling tinggi yang bisa didapatkan oleh penemu bug.

Jadi ketika penemu bug menemukan masalah standar atau biasa saja, mereka hanya akan menerima hadiah 15 ribu dolar Amerika Serikat. Angka "standar" ini terbilang cukup besar karena sudah naik dari sebelumnya, yang hanya 5 ribu dolar Amerika Serikat.

Sejak Google mengumumkan program pada 2010, Google tercatat sudah mengeluarkan uang imbalan lebih dari 5 juta dolar Amerika Serikat kepada para penemu celah keamanan.

Nilai ini dinilai tidak seberapa jika dibandingkan dengan jumlah celah yang dilaporkan para penemu bug Chrome yang mencapai 8.500 bug.

Sumber : Suara.com