Advertisement

Xiaomi Akan Memproduksi Ponsel Bertenaga Surya

Chelin Indra Sushmita
Kamis, 08 Agustus 2019 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Xiaomi Akan Memproduksi Ponsel Bertenaga Surya Xiaomi - Reuters/Toby Melville

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Xiaomi berencana membuat ponsel pintar bertenaga surya. Rencana itu terungkap dari paten yang ditemukan Lets Go Digital pada World Intellectual Property Organization (WIPO).

Dikutip dari Android Authority, Kamis (8/8/2019). dari paten tersebut, terlihat jika Xiaomi membuat smartphone dengan bezel tipis, baik dari sisi depan maupun samping. Sementara di bagian belakang terlihat panel surya fotovoltaik. Ini merupakan jenis panel surya ramah lingkungan dalam ukuran kecil.

Advertisement

Dari paten tersebut dapat diprediksi smartphone terbaru dari Xiaomi bakal menyematkan dua kamera belakang. Sementara panel surya pada bagian belakang agaknya dipakai untuk mengisi ulang daya baterai. Namun, cara pengisiannya bakal berbeda yakni lewat sinar matahari.

Ini merupakan salah satu cara kampanye penggunaan gadget ramah lingkungan yang disuarakan Xiaomi karena memanfaatkan energi alam.

Meski memanfaatkan teknologi canggih, smartphone dengan panel surya ini bukanlah terobosan yang kali pertama dibuat Xiaomi. Sebelumnya, Samsung pernah membuat smartphone serupa yang dirilis pada 2009 lalu bernama Samsung Guru E1107.

Samsung Guru E1107 dilengkapi sel surya tepat di bagian belakang ponsel. Ketika terkena sinar matahari, sel surya itu bakal menghasilkan listrik yang mampu mengisi daya baterai ponsel. Sayangnya, sel surya itu sangat kecil sehingga tidak mampu memberikan banyak daya.

Guna mengisi daya yang diperlukan untuk melakukan panggilan suara 5-10 menit, telepon harus menyerap energi matahari selama satu jam. Kala itu, Samsung merancang Guru E1107 untuk orang-orang yang tinggal di wilayah sering terdampak pemadaman listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement