Advertisement

Ratusan Juta Data Bocor, Hati-Hati Pasang Nomor Ponsel di Facebook

Newswire
Jum'at, 06 September 2019 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Juta Data Bocor, Hati-Hati Pasang Nomor Ponsel di Facebook lustrasi Facebook. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemilik akun facebook sebaiknya berhati-hati memasang nomor ponsel di platform media sosial tersebut.

Ratusan juta informasi pribadi milik pengguna Facebook, termasuk nomor ponsel, nama dan lokasi, kabarnya dapat terlihat dalam database online yang tidak terlindungi, seperti diwartakan People, Jumat (6/9/2019).

Advertisement

Kabarnya, informasi pribadi ini ditemukan dalam database online lebih dari setahun setelah perusahaan mematikan fitur identifikasi nomor telepon.

Seorang peneliti keamanan menemukan lebih dari 419 juta catatan dalam basis data yang tidak dilindungi, dan 133 juta di antaranya adalah pengguna Facebook berbasis AS, TechCrunch melaporkan.

Siapa pun dapat menemukan dan mengakses database karena tidak dilindungi dengan server, menurut laporan itu. “Setiap catatan berisi ID Facebook unik pengguna dan nomor telepon yang tercantum di akun,” lapor TechCrunch.

"ID Facebook pengguna biasanya nomor panjang, unik, dan publik yang terkait dengan akun mereka, yang dapat dengan mudah digunakan untuk membedakan nama pengguna akun," tambahnya.

Penemuan ini terjadi 18 bulan setelah dunia mengetahui skandal Cambridge Analytica pada Maret 2018, yang mengungkapkan perusahaan tersebut membiarkan perusahaan pihak ketiga mengambil data pengguna untuk menargetkan pemilih dalam pemilihan presiden 2016.

Segera setelah kejadian, Facebook mematikan fitur yang memungkinkan orang menemukan akun Facebook dengan nomor telepon pengguna, mencatat bahwa "aktor jahat" telah menyalahgunakan fungsi tersebut.

"Dataset ini sudah tua dan tampaknya memiliki informasi yang diperoleh sebelum kami melakukan perubahan tahun lalu untuk menghapus kemampuan orang menemukan orang lain menggunakan nomor telepon mereka," kata juru bicara Facebook kepada PEOPLE.

Kabarnya, data telah dihapus dan perusahaan belum melihat bukti bahwa akun Facebook diretas. Ini bukan skandal privasi pertama yang dihadapi Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement