Advertisement

Nomor Ponsel di Facebook Rawan Bocor

Chelin Indra Sushmita
Rabu, 11 September 2019 - 05:57 WIB
Budi Cahyana
Nomor Ponsel di Facebook Rawan Bocor Ilustrasi logo Facebook - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Laporan terbaru menyebut ratusan juta informasi pribadi pengguna Facebook termasuk nomor ponsel, nama, dan lokasi, bisa terlihat di data base online yang tidak terlindungi.

Dikutip People, Jumat (6/9/2019), informasi pribadi pengguna Facebook ditemukan dalam data base online lebih dari setahun setelah perusahaan mematikan fitur identifikasi nomor telepon. Seorang peneliti keamanan menemukan lebih dari 419 juta catatan dalam basis data yang tidak dilindungi.

Advertisement

Dikabarkan Tech Crunch, setiap catatan berisi identitas berupa nomor telepon yang biasanya tercantum pada akun Facebook. ID Facebook pengguna biasanya nama panjang, unik, dan publik, untuk membedakan dengan lainnya.

Fakta mengejutkan soal identitas Facebook tersebut terungkap 18 bulan setelah skandal Cambridge Analytica terbongkar. Setelah skandal itu terbongkar, Facebook mematikan fitur publikasi nomor telepon pengguna agar tidak disalahgunakan.

Meski demikian, Facebook tidak berani menjamin keamanan data pengguna yang diretas itu. Mereka berdalih data itu sudah tua dan sudah dimanfaatkan sebelum Facebook mengatur ulang privasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement