Advertisement

Cara Cek Nomor IMEI agar Ponsel Tak Diblokir

Jafar Sodiq Assegaf
Senin, 28 Oktober 2019 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
Cara Cek Nomor IMEI agar Ponsel Tak Diblokir Ilustrasi mengecek nomor IMEI di situs Kemenperin - Jafar Sodiq/JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Perdagangan sudah mengesahkan aturan blokir IMEI untuk perangkat gawai ilegal. Aturan ini baru akan berlaku enam bulan sejak tanggal penandatanganan atau mulai 18 April 2020 nanti.

Situs pengecekan International Mobile Equipment Identity (IMEI) di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah tersedia kembali.

Advertisement

Pemblokiran gawai black market (BM) atau ilegal akan dilakukan oleh operator seluler dengan cara mencocokkan IMEI perangkat dengan data yang tercatat di database pemerintah. Jika  nomor IMEI tidak ditemukan, perangkat itu akan langsung diblokir karena dianggap ilegal.

Kementarian Perindustrian sudah memberikan langkah yang sangat mudah. Berikut caranya;

  1. Setting Ponsel

Buka menu setting di ponsel. Setelah itu, pilih "About Phone". Nanti di sana akan tertera informasi IMEI smartphone yang kalian miliki.

  1. Kardus Ponsel

Selain lewat menu setting, nomor IMEI juga tercantum di kardus. Biasanya di sana akan tercantum IMEI beserta informasi lainnya.

  1. Hubungi *#06#

Untuk cara ini, cukup buka menu dial (sambungan telepon) yang kemudian dilanjutkan dengan mengetik *#06#. Tak butuh waktu lama, bakal muncul nomor IMEI di layar ponsel. Selanjutnya akan muncul rincian nomor IMEI lengkap dengan nomor seri hape kalian.

  1. Situs Pengecekan

Bila sudah menemukan nomor IMEI ponsel, bisa langsung kunjungi situs Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/. Di sana akan tampak status ponsel, apakah sudah terdaftar atau belum, tentunya itu diketahui setelah kalian memasukkan nomor IMEI-nya.

Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. Jika suatu ponsel punya slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki perangkat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement