Menjajal Redmi Note 8, Ponsel yang Merevolusi Smartphone Kelas Menangah

Redmi Note 8 - JIBI/Bisnis.com/Istimewa
16 Desember 2019 10:17 WIB Rahmad Fauzan & Demis Rizky Gosta Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Xiaomi baru-baru ini meluncurkan ponsel pintar segmen menengah pertama yang dilengkapi dengan 4 kamera belakang, yakni Redmi Note 8.

Jaringan Informasi Bisnis Indonesia berkesempatan untuk menjajal Redmi Note 8, terutama fitur yang disebut-sebut merevolusi dunia ponsel pintar segmen menengah, yakni kamera.

Dari segi kualitas, keempat kamera belakang Redmi Note 8 sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan karena ponsel tersebut diklaim oleh Xiaomi sebagai jagonya fotografi, melainkan hasil jepretan dari spesifikasi yang ditawarkan.

Pada saat Bisnis mencoba kamera utama Redmi Note 8 dengan resolusi mencapai 48 MP serta menggunakan sensor 1/2 inci dengan bukaan f/1,79 serta sudut pandang 79,4° pada siang hari yang cerah di area terbuka, bias cahaya matahari ternyata tidak membuat pudar warna-warna benda-benda di dalam objek.

Gradasi warna yang tajam masih dipertahankan oleh 48 MP Quad Camera Redmi Note 8. Pohon berwarna cokelat terang, daun-daun berwarna hijau, tanah yang cokelat, serta beberapa warna lainnya yang berasal dari cat tembok tetap mempertahankan keasliannya.

Tidak hanya itu, kekuatan warna yang bisa dihasilkan oleh kamera Redmi Note 8 juga mampu mempertahankan ketajaman warna dari objek dengan jarak hingga ratusan meter.

Hal tersebut ditunjang oleh kamera ultra-wide 8 MP yang hadir dengan sudut pandang 120 derajat, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP, sehingga mampu menghasilkan foto-foto berkualitas dari jarak yang jauh.

Hanya saja, sedikit hal masih menjadi catatan dari hasil jepretan kelas wahid kamera belakang Redmi Note 8, pengguna harus menggunakan cara khusus jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada saat mengambil gambar di malam hari.

Foto: Hasil bidikan Redmi Note 8 malam hari (mi.co.id)

Untuk pengambilan gambar pada malam hari, ada baiknya memanfaatkan fitur Night Mode pada Redmi Note 8. Fitur ini membuat gambar tampak lebih terang dengan detail yang sedikit lebih baik.

Sementara itu, di bagian depan, Redmi Note 8 mengandalkan kamera swafoto 13 MP dengan bukaan f/2.0 dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang membantu pengguna merekam selfie yang sempurna kapan saja.

Namun, jika ingin mendapatkan versi terbaik dari kamera depan Redmi Note 8, pengguna sebaiknya menggunakan mode Portrait untuk hasil yang maksimal. Pasalnya, efek bokeh yang menjadi andalan dari ponsel ini tidak akan mendapatkan hasil maksimal dengan mode selfie standar.

Belakang Layar

Tentu saja, keunggulan yang dipamerkan di sektor kamera tidak cukup apabila belum disertai dengan hadirnya sokongan dari sektor penyeimbang yang fungsinya tidak kalah penting, yakni “pemain belakang layar” yang tangguh guna mendukung performa yang berkualitas.

Di sektor dapur, Redmi Note 8 didukung oleh cipset Qualcomm Snapdragon 665 yang mampu meningkatkan pengalaman pengguna karena disokong oleh teknologi kecerdasan buatan serta kemampuan untuk melakukan peningkatan efisiensi daya.

Adapun, baik dengan teknologi kecerdasan buatan maupun daya efisiensi yang telah ditingkatkan, Redmi Note 8 menjamin performa perangkat berkinerja tinggi dalam waktu yang lama bagi pengguna.

Kinerja tinggi berdaya tahan lama tersebut semakin sempurna karena digandengkan dengan fitur vital yang seimbang secara kualitas. Redmi Note 8 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh serta fast charging 18W.

Dengan demikian, cipset yang bertenaga dan baterai berkapasitas besar yang bersatu padu di dalam perangkat Redmi Note 8 mampu menjamin kualitas pengalaman bagi pengguna.

Foto: Hasil bidikan Redmi Note 8 (mi.co.id)

Tidak sama halnya seperti kata-kata, Redmi Note 8 tidak kehabisan ide dalam hal menyempurnakan perangkatnya demi kenyamanan pengguna.

Redmi Note 8 dilengkapi dengan layar Dot Drop seluas 6.3 inci dan desain curved glass 2,5D. Adapun, layar tersebut menawarkan pengalaman visual FHD+ dan mencapai rasio screen to body yang impresif, yakni sampai 90%.

Selain itu, pengguna dapat merasakan ketangguhan layar tersebut karena ditingkatkannya kualitas fitur pelindung dengan kehadiran Corning Gorilla Glass 5. Fitur tersebut terpasang di bagian depan dan belakang sehingga perangkat dapat terlindungi dari kerusakan jika Redmi Note 8 terjatuh.

Meskipun punya bodi yang lumayan tebal, Redmi masih membutuhkan ruangan tambahan yang besar bagi keempat sensor kamera. Hasilnya, area tempat empat kamera belakang bersarang tampak sangat menonjol. Saking menonjolnya, kamera belakang membuat ponsel tidak stabil jika diletakkan di landasan yang keras seperti kaca. Namun, ini bisa diatasi dengan mudah menggunakan casing plastik yang disediakan Xiaomi.

Walaupun mengemban nama Note, ukuran Redmi Note 8 tidak terlalu besar dan nyaman digenggam. Pengoperasian menggunakan satu tangan juga tidak sulit. Sensor sidik jari yang menempati posisi di bagian atas pada bodi bagian belakang Redmi Note 8 juga bisa dengan mudah terjangkau oleh jari telunjuk.

Pada bagian bawah Redmi Note 8, terletak dua buah porta yaitu sebuah lubang kabel audio 3,5 mm dan sebuah lubang USB-C disertai empat buah lubang pengeras suara dan dua lubang mikrofon. Tombol daya terletak di sebelah kiri ponsel, tepat di bawah tombol pengatur volume. Di sisi kanan ponsel, ada sebuah slot yang bisa diisi oleh dua kartu SIM dan sebuah kartu Micro-SD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Dengan segala keunggulannya, Redmi Note 8 dipasarkan mulai harga Rp1,99 juta untuk varian terndah hingga Rp2,89 juta untuk varian tertinggi.

Sebagai penyempurna, Redmi Note 8 dihadirkan dengan 3 pilihan warna menarik, antara lain Space Black, Neptune Blue, dan Moonlight White.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia