Google Maps Sediakan Informasi Lokasi Pengisian Daya Mobil Listrik Sesuai Colokan

Figur mainan kecil terlihat di depan logo Google pada gambar ilustrasi ini, 8 April 2019. - Reuters/Dado Ruvic
21 Desember 2019 00:27 WIB Galih Kurniawan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Adopsi kendaraan listrik yang kian masif membuat Google Maps kini menyediakan informasi lokasi pengisian daya berikut jenis colokan yang cocok.

Dilansir The Verge dari Android Police, Jumat (20/12/2019), pengguna Google Maps yang melakukan pencarian lokasi pengisian daya mobil listrik akan disuguhkan beragam tipe colokan yang tersedia seperti CHAdeMO, CCS, Type 2, serta colokan khusus mobil Tesla.

Fitur ini memudahkan pengemudi karena teknologi mobil listrik yang beragam berikut teknologi pengisiannya. Nissan dan Mitsubishi misalnya, mengadopsi CHAdeMO untuk pengisian daya, sedangkan Jaguar dan BMW menggunakan CCS.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal mengakses menu “Option” di aplikasi Google Maps baik iOS maupun Android, kemudian menuju menu “Electric vehicle settings”.

Google Maps sejatinya telah menambahkan fitur pencarian lokasi stasiun pengisian daya sejak Oktober tahun lalu. Pada April 2019 Google menambah fitur baru untuk mengetahui apakah stasiun pengisian daya itu sedang dipakai atau tidak.

Fitur pencarian stasiun pengisian daya listrik berbasis teknologi pengisian daya ini baru dapat digunakan di Amerika Serikat dan Inggris Raya. Namun, sejumlah pengguna di Australia juga mengaku dapat mengakses fitur tersebut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia