File Ponsel Anda Penuh? Ini 4 Trik Melonggarkannya

29 Desember 2019 14:37 WIB Gombang Nan Cengka Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kapasitas penyimpanan data ponsel Android pasti terbatas. Meskipun ponsel Anda mampu menyimpan data dalam ukuran besar, cepat atau lambat penyimpanan internalnya akan penuh juga.

Idealnya, kita tidak perlu melakukan apa-apa dalam mengelola tempat penyimpanan data di ponsel.

Di Android terbaru sudah ada fi tur Smart Storage yang diaktifkan secara bawaan (default), yang akan menghapus data yang tidak diperlukan secara otomatis. Namun bila fi tur ini ternyata masih kurang memadai, berikut 3 trik yang bisa diambil.

Backup di Google Photos
Salah satu jenis berkas yang banyak memakan tempat di ponsel adalah foto dan video yang diambil oleh kamera.

Untungnya Google menyediakan fitur backupgratis dan tidak terbatas. Anda bisa mengatur agar Google Photos mengunggahnya secara otomatis ketika terhubung dengan WiFi, untuk menghemat kuota sambungan data.

Harus diingat bahwa fi tur backup dengan kuota tidak terbatas ini hanya berlaku bila Anda memilih untuk menyimpan berkas dengan kualitas yang sudah dikurangi dibandingkan aslinya.

Ini merupakan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan penyimpanan foto gratis. Setelah berkas foto dan video tersebut di-backup, Anda dapat menghapus berkas aslinya.

Ini bisa dilakukan dari menu FreeUp Space dari Google Photos. Kadangkadang Google Photos juga akan mengingatkan Anda untuk melakukan tindakan bersih-bersih ini.

MediumPenyimpanan Tambahan
Bila storage internal ponsel Anda tidak lagi mencukupi, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan medium penyimpanan tambahan.

Banyak ponsel Android menyediakan slot untuk kartu memori, yang bisa menampung data tambahan sampai ratusan gigabyte.

Jika ponsel Anda tidak punya slot ekspansi untuk data tambahan, Anda bisa menggunakan flash drive atau bahkan cakram keras eksternal berkat fitur USB-to-Go. Fitur ini, yang sudah tersedia di setiap ponsel Android terbaru, memungkinkan ponsel membaca data di medium penyimpanan eksternal tersebut.

Anda mungkin harus menyediakan adapter atau kabel konverteragar dapat menancapkan medium eksternal tersebut ke porta di ponsel.

Hapus Berkas yang tak Perlu Pengelola berkas Google Files memiliki kemampuan untuk membantu kita menghemat tempat di ponsel, antara lain menghapus berkas yang tidak diperlukan serta aplikasi yang jarang digunakan.

Dua jenis data ini biasanya bisa dihapus dengan aman. Google Files juga bisa menampilkan berkas-berkas berukuran besar, berkas yang tersimpan di folder unduhan (Download), serta berkas dari aplikasi percakapan (chat).

Anda bisa memeriksa berkas mana saja yang tidak diperlukan lagi atau perlu dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai (misalnya di kartu memori).

Penyimpanan Data Daring
Anda bisa menyimpan data penting yang jarang diperlukan tapi masih perlu diakses sewaktu-waktu di layanan penyimpanan data daring. Tentunya Anda bisa saja menggunakan Google Drive di sini, tetapi saran saya adalah menggunakan layanan lain seperti OneDrive atau Dropbox.

Kapasitas Google Drive memang cukup besar (15 GB), tetapi ini berbagi dengan data lain, seperti Gmail dan Google Photos (bila Anda memilih untuk menyimpan foto dengan kualitas asli).

Baik OneDrive dan Dropbox juga memiliki aplikasi untuk penyelarasan data dengan peranti lain (ponsel, tablet, komputer).

Sumber : Bisnis.com