Ini Pesaing Mobile Legends Buatan Indonesia

Display Lokapala - JIBI/Bisnis.com/Akbar Evandio
13 Februari 2020 18:27 WIB Akbar Evandio Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Produsen gim Indonesia, Anantarupa Studio, berhasil menciptakan Multiplayer Online Battle Arenna (MOBA) Esport pertama asal Indonesia bernama Lokapala: Saga of Six Realms.

Co-Founder dan COO Anantarupa Studio Diana Paskarina  mengatakan, dia terinspirasi oleh mitologi, sejarah, dan budaya Indonesia. Gim yang dirilis pada awal 2020 tersebut diharapkannya menjadi medium edukasi bagi masyarakat.

“Karakter di gim ini dapat dimainkan dengan gameplay dan cerita yang menarik. Kami benar-benar terinspirasi oleh cerita, legenda, dan sejarah mitologi Indonesia. Oleh karena itu, semua karakter yang dapat dimainkan memiliki gameplay yang menarik,” ungkapnya, kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia.

Adapun Diana menambahkan bahwa pengembangan game ini tersebut merupakan usaha Anantarupa dalam memeriahkan dunia esport di tanah air, terutama dengan berkembang pesatnya esport di Indonesia dan di seluruh dunia.

"Alasan kami mengembangkan gim bergenre MOBA adalah karena kami ingin supaya Indonesia bukan hanya menjadi target-market dari gim buatan luar negeri, tetapi mampu mengembangkan gim yang mampu menembus pasar internasional dan sekaligus mengenalkan budaya Indonesia," ujarnya.

Jika berkaca pada negara lain, imbuhnya, gim sekarang sudah menjadi suatu komoditas ekspor budaya tertinggi. Dia mengambil contoh di China, gim menjadi satu dari lima komoditas ekspor unggulan. Kemudian, di Korea Selatan, gim 11 kali lebih besar diekspor ketimbang budaya K-Pop

Spesifikasi Gim Lokapala

Gim yang sudah dirilis di Google Play Store pada 31 Januari 2020 dalam versi beta ini menyajikan 15 karakter gratis yang bisa dimainkan langsung dimainkan. Lokapala baru memiliki dua mode yakni classic battle dan custom battle yang akan mempertandingkan dua tim yang terdiri dari 5 orang.

Adapun terdapat spesifikasi minimum untuk Lokapala adalah ponsel yang memiliki SoC setara atau lebih dari Qualcomm Snapdragon 450, Mediatek Helio P22, atau Samsung Exynos 7870; RAM sebesar 2 GB; dan memori kosong sebesar 400 MB.

Sementara itu, spesifikasi rekomendasi untuk Lokapala adalah ponsel yang memiliki SoC setara atau lebih dari Qualcomm Snapdragon 636, Mediatek Helio P35, atau Samsung Exynos 7904; RAM sebesar 3 GB; dan memori kosong sebesar 500 MB.

Anantarupa menargetkan dapat meluncurkan versi stable dari Lokapala pada kisaran April 2020. Langkah itu dilakukan untuk memuaskan para penggemar gim MOBA Tanah Air.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia