Advertisement

Tokopedia dan Menkominfo Digugat karena Kebocoran Data

Rahmad Fauzan
Kamis, 07 Mei 2020 - 04:37 WIB
Budi Cahyana
Tokopedia dan Menkominfo Digugat karena Kebocoran Data Karyawan beraktivitas di dekat logo Tokopedia di Jakarta, Selasa (28/1). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menggugat Tokopedia dan Menteri Komunikasi dan Informatika menyusul peretasan dan pembobolan terhadap 15 juta data konsumen platform dagang elektronik tersebut.

Dalam siaran persnya, KKI melalui kuasa hukumnya Akhmad Zaenuddin mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Tergugat I) dan PT Tokopedia (Tergugat II) yang terdaftar secara e-court di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,  dengan nomor pendaftaran: PN JKT.PST-0520201XD tertanggal 06 Mei 2020.

Advertisement

“Gugatan diajukan sehubungan dengan terjadinya kesalahan dari Tokopedia selaku penyelenggara sistem elektronik dalam menyimpan dan melindungi kerahasiaan data pribadi dan hak privasi akun para pengguna situs belanja online Tokopedia.com yang telah diperjualbelikan di internet,” seperti dikutip dari siaran pers KKI, Rabu (6/5/2020).

Ketua KKI David Tobing mengatakan Tokopedia telah melakukan kesalahan karena tidak memiliki sistem elektronik yang laik dan tidak memiliki sistem pengamanan yang patut untuk mencegah kebocoran datanya. Tokopedia juga dinilai gagal mencegah setiap kegiatan pemrosesan atau pemanfaatan data pribadi secara melawan hukum.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa Tokopedia telah melakukan kesalahan dalam melindungi data pribadi dan hak privasi para pemilik akun Tokopedia.

“Dalam sistem peraturan perundang-undangan di Indonesia, “data pribadi” didefinisikan sebagai data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya,”ujarnya.  

Dia mengatakan, ketentuan itu ada pada Pasal 1 ayat 22 UU No.24/2013 tentang Perubahan UU No.23/2006 tentang Adiministrasi Kependudukan jo. Pasal 1 angka 20 PP No. 71/2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik jo. Pasal 1 angka 1 PM Kominfo No. 20/ 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

Sementara itu, David melanjutkan, Menkominfo Johnny G Plate juga turut digugat lantaran dinilai melakukan kesalahan dalam proses pengawasan penyelenggaraan sistem elektronik oleh Tokopedia. Hal itu menyebabkan data pribadi pemilik akun Tokopedia dikuasai pihak ketiga secara melawan hukum.

Menurutnya, Kominfo diberikan wewenang untuk melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan sistem elektronik. Hal ini merujuk pada ketentuan yang diatur dalam Pasal 35 ayat (1) PP No. 71 Tahun 2019.

Untuk itu, dalam petitumnya KKI meminta agar majelis hakim menjatuhkan putusan provisi dan putusan pokok perkara  berupa memerintahkan kepada tergugat I (Kominfo) dan/atau tergugat II (PT. Tokopedia) untuk menghentikan sementara penyelenggaraan sistem elektronik Tokopedia selama pemeriksaan perkara ini berlangsung sampai terdapat putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Selain itu, majelis hakim diminta memerintahkan kepada tergugat II (PT. Tokopedia) untuk memberitahukan secara tertulis kepada para pemilik akun Tokopedia terkait rincian data pribadi yang telah dikuasai oleh pihak ketiga tanpa persetujuan para pemilik akun.

Adapun dalam salah satu pokok perkaranya, KKI meminta Kominfo untuk mencabut Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik atas nama Tokopedia.

Selain itu KKI juga meminta Kominfo untuk menghukum Tokopedia untuk membayar denda administratif sebesar Rp100 miliar yang harus disetor ke kas negara paling lambat 30 hari kalender sejak putusan perkara ini berkekuatan hukum tetap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement