Advertisement

WhatsApp Siapkan Fitur Video Hingga 50 Peserta untuk Saingi Zoom

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 13 Mei 2020 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
WhatsApp Siapkan Fitur Video Hingga 50 Peserta untuk Saingi Zoom Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - WhatsApp menyiapkan fitur panggilan video yang akan menyaingi platform telekonferensi Zoom.

Dikutip dari situs WABetaInfo Rabu (13/5/2020) WhatsApp web akan menyisipkan shortcut ke layanan Messenger Rooms milik Facebook. Fitur Messenger Rooms yang akan diluncurkan itu mampu mengakomodasi video call hingga 50 peserta sekaligus. Messenger Rooms juga menggunakan tautan (link) untuk mengundang peserta, mirip fitur Zoom. Adapun shortcut tersebut akan muncul di aplikasi WhatsApp Web versi 2.2019.6.

Advertisement

Shortcut ke Messenger Rooms muncul ketika ikon lampiran (attachment) bergambar klip yang ada di sisi kanan atas diklik. Ikon Rooms akan ada di urutan paling bawah, dengan ikon kamera video. Jika diklik, akan ada sebuah pop-up yang mengarahkan panggilan video ke Messenger Rooms.

Di bawahnya juga tertera keterangan bahwa pesan di Messenger Rooms dilindungi oleh enkripsi dan pengendali privasi, tetapi tidak menggunakan sistem end-to-end encrypted.

Pengguna bisa membagikan tautan Messenger Rooms dan mengajak siapa pun, kendati mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger Rooms. Ikon yang sama juga akan muncul di menu utama WhatsApp Web.

Facebook telah mengumumkan bahwa shortcut Messenger Rooms akan muncul di WhatsApp mobile. Kabarnya, Facebook mulai mengujicobanya di aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android 2.20.139.

Ikon video itu juga akan muncul ketika diklik ikon lampiran pada ruang obropan grup, kemudian pop-up yang keluar sama dengan yang ada di versi web.

Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms.

Kendati begitu, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara publik. Belum diketahui pasti kapan WhatsApp akan menyebar fitur ini ke penggunanya. Belum lagi, sebaran Messenger Room di Messenger saat ini juga belum merata secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement